Kurikulum Merdeka Sebagai Manifestasi Pendidikan Negatif dalam Filsafat Rousseau
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i12.31837Keywords:
Pendidikan negatif, Jean Jacques Rousseau, Kurikulum MerdekaAbstract
Latar Belakang: Pemikiran mendalam Jean Jacques Rousseau tentang pendidikan tertuang di karyanya yang terkenal berjudul "Emile, or On Education". Disini Rousseau menggarisbawahi pentingnya pendidikan negatif sebagai cara untuk mengatasi kemunduran manusia akibat peradaban.
Tujuan: Penelitian ini menggali implementasi konsep pemikiran seorang filsuf terkenal yakni, Jean Jacques Rousseau terkait pendidikan negatif dan implementasinya di Kurikulum Merdeka
Metode: Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur komprehensif dimana penulis melakukan analisa konsep filosofis dari berbagai macam sumber bacaan seperti buku, jurnal dan literatur lainnya.
Hasil: Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Kurikulum Merdeka merupakan wujud manifestasi pendidikan negatif. Hal ini tercermin dari landasan filosofis, prinsip, nilai serta rancangan Kurikulum Merdeka yang mengedepankan kemerdekaan belajar, pendidikan holistik, dan juga well-being siswa.
Kesimpulan: Kurikulum Merdeka merupakan wujud nyata dari konsep pendidikan negatif Rousseau dengan menitikberatkan pada kemerdekaan belajar, pengembangan karakter, dan interaksi sosial yang alami. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan manusiawi. Implementasi Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menciptakan generasi yang mandiri, kritis, dan bermoral sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zeffira B. Hianadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.