Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Presentasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIISekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Rahmawati Nurlitaningsih Universitas Cokroaminoto Yogyakarta
  • Yenny Anggreini Sarumaha Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i1.319

Keywords:

Media pembelajaran berbasis presentasi, pemahaman konsep, matematika, penelitian eksperimen

Abstract

Latar Belakang : Pandemi Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan masyarakat, tidak hanya menyerang negara Indonesia namun juga melanda dunia. Keberadaan Covid-19 membuat masyarakat untuk memberhentikan aktivitas di luar rumah yang semestinya dilakukan seperti pada hari-hari biasa. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis presentasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Yogyakarta. Dari lima kelas yang ada diambil dua kelas dengan Teknik Random Sampling sebagai sampel, dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Metode : Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan Control Group Design. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemahaman konsep pada siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis presentasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulan : Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang dilakukan oleh peneliti diperoleh bahwa thitung > ttabel. Variabel pemahaman konsep di uji dengan menggunakan rumus polled varian dengan diperoleh hasilnya thitung 2,59> ttabel 2,00, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh penggnaan media pembelajaran berbasis presentasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas.

Downloads

Published

2022-01-15

How to Cite

Nurlitaningsih, R., & Anggreini Sarumaha, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Presentasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIISekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Sosial Dan Sains, 2(1), 135–148. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i1.319