Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Presentasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIISekolah Menengah Pertama (SMP)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i1.319Keywords:
Media pembelajaran berbasis presentasi, pemahaman konsep, matematika, penelitian eksperimenAbstract
Latar Belakang : Pandemi Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan masyarakat, tidak hanya menyerang negara Indonesia namun juga melanda dunia. Keberadaan Covid-19 membuat masyarakat untuk memberhentikan aktivitas di luar rumah yang semestinya dilakukan seperti pada hari-hari biasa. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis presentasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Yogyakarta. Dari lima kelas yang ada diambil dua kelas dengan Teknik Random Sampling sebagai sampel, dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Metode : Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan Control Group Design. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemahaman konsep pada siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis presentasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulan : Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang dilakukan oleh peneliti diperoleh bahwa thitung > ttabel. Variabel pemahaman konsep di uji dengan menggunakan rumus polled varian dengan diperoleh hasilnya thitung 2,59> ttabel 2,00, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh penggnaan media pembelajaran berbasis presentasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahmawati Nurlitaningsih, Yenny Anggreini Sarumaha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.