Dampak Rebranding Twitter Menjadi X terhadap Loyalitas Merek: Peran Mediasi Sikap Konsumen dan Moderasi Keunikan Merek

Authors

  • Inggit Wijayanti Universitas Paramadina
  • Rani Kirana Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i1.31970

Keywords:

rebranding, sikap konsumen, keunikan merek, loyalitas merek

Abstract

Salah satu merek di dunia digital yang baru-baru ini menjalani proses rebranding adalah aplikasi X, yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter. Perubahan ini ditandai dengan penggantian logo dan nama platform menjadi 'X', menggunakan logo berbentuk huruf X berwarna putih dengan latar belakang hitam. Langkah rebranding ini dilakukan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari rebranding Twitter menjadi X terhadap loyalitas merek, dengan fokus pada peran mediasi sikap konsumen serta moderasi keunikan merek. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah metode kuantitatif dengan survei sebagai teknik pengumpulan data. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah partisipan sebanyak 350 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterikatan konsumen terhadap merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Selain itu, sikap konsumen terhadap proses rebranding bertindak sebagai mediator dalam hubungan antara keterikatan merek dan loyalitas merek. Temuan lainnya menunjukkan bahwa keunikan merek memiliki dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas merek serta memoderasi hubungan antara keterikatan merek dan loyalitas merek. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa rebranding dapat meningkatkan loyalitas merek jika dilakukan dengan strategi yang mempertimbangkan keterikatan emosional konsumen, penerimaan terhadap perubahan, dan penguatan elemen keunikan merek. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk tidak hanya membangun identitas baru melalui rebranding tetapi juga memperkuat hubungan emosional dengan konsumen serta memperhatikan bagaimana konsumen memandang keunikan dari produk atau layanan yang ditawarkan.

Downloads

Published

2025-01-23

How to Cite

Wijayanti, I., & Kirana, R. . (2025). Dampak Rebranding Twitter Menjadi X terhadap Loyalitas Merek: Peran Mediasi Sikap Konsumen dan Moderasi Keunikan Merek. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(1), 97–107. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i1.31970