Dampak Rebranding Twitter Menjadi X terhadap Loyalitas Merek: Peran Mediasi Sikap Konsumen dan Moderasi Keunikan Merek
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i1.31970Keywords:
rebranding, sikap konsumen, keunikan merek, loyalitas merekAbstract
Salah satu merek di dunia digital yang baru-baru ini menjalani proses rebranding adalah aplikasi X, yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter. Perubahan ini ditandai dengan penggantian logo dan nama platform menjadi 'X', menggunakan logo berbentuk huruf X berwarna putih dengan latar belakang hitam. Langkah rebranding ini dilakukan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari rebranding Twitter menjadi X terhadap loyalitas merek, dengan fokus pada peran mediasi sikap konsumen serta moderasi keunikan merek. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah metode kuantitatif dengan survei sebagai teknik pengumpulan data. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah partisipan sebanyak 350 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterikatan konsumen terhadap merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Selain itu, sikap konsumen terhadap proses rebranding bertindak sebagai mediator dalam hubungan antara keterikatan merek dan loyalitas merek. Temuan lainnya menunjukkan bahwa keunikan merek memiliki dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas merek serta memoderasi hubungan antara keterikatan merek dan loyalitas merek. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa rebranding dapat meningkatkan loyalitas merek jika dilakukan dengan strategi yang mempertimbangkan keterikatan emosional konsumen, penerimaan terhadap perubahan, dan penguatan elemen keunikan merek. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya bagi perusahaan untuk tidak hanya membangun identitas baru melalui rebranding tetapi juga memperkuat hubungan emosional dengan konsumen serta memperhatikan bagaimana konsumen memandang keunikan dari produk atau layanan yang ditawarkan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inggit Wijayanti, Rani Kirana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.