Model Penjaminan Mutu Sekolah Berbasis Analisis Jurnal Internasional

Authors

  • Susanty Susanty Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i2.32030

Keywords:

penjaminan mutu pendidikan, sekolah berbasis mutu, manajemen mutu sekolah, analisis jurnal internasional

Abstract

Penjaminan mutu pendidikan merupakan proses yang sistematis untuk memastikan bahwa sekolah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. erlunya model penjaminan mutu yang dapat mengakomodasi keterlibatan pemangku kepentingan, keseimbangan antara efisiensi manajemen dan kualitas pembelajaran, serta adopsi standar internasiona. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model penjaminan mutu sekolah menggunakan tinjauan kritis teoritis hasil hasil kajian yang telah dipublikasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kajian jurnal yang memenuhi kriteria relevansi, publikasi terbaru, dan indeksasi di jurnal bereputasi. Analisis dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan elemen kunci dalam penjaminan mutu sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan pemangku kepentingan, keseimbangan antara efisiensi manajemen dan kualitas pembelajaran, serta adopsi standar internasional seperti Proses Bologna dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Selain itu, evaluasi berkelanjutan dan peningkatan kompetensi guru merupakan komponen penting dalam model penjaminan mutu yang efektif. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa penjaminan mutu sekolah harus berbasis pada evaluasi sistematis dan keterlibatan aktif seluruh pihak terkait. Model ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh dan berkelanjutan, sejalan dengan tuntutan globalisasi dan kebijakan nasional.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Susanty, S., & Suriansyah, A. (2025). Model Penjaminan Mutu Sekolah Berbasis Analisis Jurnal Internasional. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(2), 146–156. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i2.32030