Model Penjaminan Mutu Sekolah Berbasis Analisis Jurnal Internasional
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i2.32030Keywords:
penjaminan mutu pendidikan, sekolah berbasis mutu, manajemen mutu sekolah, analisis jurnal internasionalAbstract
Penjaminan mutu pendidikan merupakan proses yang sistematis untuk memastikan bahwa sekolah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. erlunya model penjaminan mutu yang dapat mengakomodasi keterlibatan pemangku kepentingan, keseimbangan antara efisiensi manajemen dan kualitas pembelajaran, serta adopsi standar internasiona. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model penjaminan mutu sekolah menggunakan tinjauan kritis teoritis hasil hasil kajian yang telah dipublikasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kajian jurnal yang memenuhi kriteria relevansi, publikasi terbaru, dan indeksasi di jurnal bereputasi. Analisis dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan elemen kunci dalam penjaminan mutu sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlibatan pemangku kepentingan, keseimbangan antara efisiensi manajemen dan kualitas pembelajaran, serta adopsi standar internasional seperti Proses Bologna dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Selain itu, evaluasi berkelanjutan dan peningkatan kompetensi guru merupakan komponen penting dalam model penjaminan mutu yang efektif. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa penjaminan mutu sekolah harus berbasis pada evaluasi sistematis dan keterlibatan aktif seluruh pihak terkait. Model ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh dan berkelanjutan, sejalan dengan tuntutan globalisasi dan kebijakan nasional.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susanty Susanty, Ahmad Suriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.





