Menakar Efektivitas BOS Sekolah Menegah Pertama : Studi Empiris terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana di Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i2.32051Keywords:
dana BOS, efektivitas, transparansi, kepemimpinan, pendidikanAbstract
Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Semarang. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas implementasi dana BOS dalam mendukung operasional sekolah, peningkatan kualitas pembelajaran, serta peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan dana. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana BOS digunakan untuk berbagai kebutuhan sekolah, termasuk belanja bahan ajar, honor tenaga pendidik, serta pengadaan sarana dan prasarana. Efektivitas program terlihat dari meningkatnya angka partisipasi siswa, terutama dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Transparansi pengelolaan dana diwujudkan melalui laporan keuangan yang dapat diakses oleh stakeholder, mencegah potensi penyalahgunaan dana. Namun, tantangan seperti keterlambatan pencairan dana dan perbedaan kebutuhan antar sekolah masih sering terjadi. Kepemimpinan kepala sekolah berperan penting dalam memastikan dana BOS dialokasikan sesuai kebutuhan dan mendukung peningkatan mutu pendidikan. Sekolah dengan kepala sekolah yang memiliki keterampilan manajerial yang baik cenderung lebih sukses dalam memanfaatkan dana BOS secara optimal. Penelitian ini merekomendasikan evaluasi berkala, penguatan kompetensi kepala sekolah dan bendahara BOS, serta peningkatan pengawasan agar program BOS dapat terus memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi dunia pendidikan di Kabupaten Semarang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Slamet Asnawi, Nurmiyati Nurmiyati, Fajar Suryatama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.