Evaluasi Kesesuaian Kompetensi Lulusan Pendidikan Vokasi dengan Kebutuhan Industri di Bali Menggunakan Metode Importance-Performance Analysis (IPA)

Authors

  • I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari Politeknik Negeri Bali, Indonesia
  • I Gde Agus Jaya Sadguna Politeknik Negeri Bali, Indonesia
  • Ni Nyoman Sri Astuti Politeknik Negeri Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32082

Keywords:

Kompetensi lulusan, pendidikan vokasi, industri pariwisata, Importance-Performance Analysis, kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian kompetensi lulusan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri pariwisata di Bali menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA). Dalam konteks industri yang terus berkembang, ditemukan kesenjangan signifikan antara kompetensi yang dimiliki lulusan dan yang diperlukan industri, di mana 35% lulusan mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Hasil analisis memetakan atribut kompetensi ke dalam empat kuadran IPA, yang menunjukkan adanya tiga atribut kritis dalam kuadran prioritas utama kemampuan interpersonal, kesopanan, dan kemampuan entrepreneurship yang memerlukan perhatian serius. Selain itu, atribut kemampuan analitikal dan kemampuan komputer diaku sebagai komponen penting dalam mempertahankan daya saing lulusan. Rekomendasi strategis untuk pengembangan kurikulum vokasi diusulkan, mencakup revisi kurikulum berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), peningkatan pelatihan soft skills, dan penerapan pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini memberikan panduan bagi institusi pendidikan vokasi untuk meningkatkan relevansi dan kualitas lulusan dalam memenuhi tuntutan industri pariwisata yang semakin kompleks

References

Abalo, J., Varela, J., & Manzano, V. 2007. Importance Values for Importance-Performance Analysis: A Formula for Spreading Out Values Derived from Preference Rankings. Journal of Business Research, 60,115-121.

Anderson, E. W. and Sullivan, M. W. 1993. The Antecedents and Consequences ofCustomer Satisfaction for Firms. Marketing Sciences, 12, No.2, Spring, pp.125-143.

Armstrong, Gary dan Phillip Kotler. 2009. Marketing: An Introduction, Ninth Edition.Pearson Prentice Hall.

Azzopardi, E., & Nash, R. 2013. A Critical Evaluation of Importance- Performance Analysis. Journal of Tourism Management, 35, 222-233.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (2023). Statistik Ketenagakerjaan Provinsi Bali.

Bernadin, John H. & Joyce E.A. Russell. 1993, Human resource management, International edition, Singapura: McGraw Hill,Inc.

Damanik, P.; Astuti, R; Silalahi, R. 2014. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Minuman Kopi dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Consumen Satisfaction Index (CSI) di Coffee Story Malang. Universitas Brawijaya.

Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali (2023). Laporan Tahunan Penyerapan Tenaga Kerja.

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali (2023). Program Bali Vokasi Unggul 2025.

Dwyer, L., Knezevic Celbar, L., Edwards, D., & Mihalic, T. 2012. Fashioning A Destination Tourism Future: The Case of Slovenia.Tourism Management, 33, pp 305-316.

Handoko T. Hani. 1994, Manajemen personalia dan sumberdaya manusia, Yogyakarta:

BPFE

Ihsani, D.W. 2005. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Wisata Cangkuang

Garut, Jawa Barat. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, IPB. Bogor. Skripsi

Ivancevich, John M, Andrew D. Szilagyi, Jr. & Marc J. Wallace, Jr. 1987, Organizational behavior and performance, California: Goodyearpublishing company, Inc.

Kamar Dagang dan Industri Bali (2023). Laporan Tahunan Kebutuhan Tenaga Kerja Industri Bali

Kelsey, Kathleen Dodge and Bond, Julie A, A model for measuring customer satisfaction within an academic center of excellence, dalam Managing Service Quality 11, No.5, 2001, pp. 35

Kleijnan, Jan et.al, 2011, Does internal quality management contribute to more control or to improvement of higher education? A survey on faculty’s perceptions, Quality Assurance in Education, Vol. 19 No. 2, 2011, pp. 141-155

Kotler, Phillip J. 1997. Marketing Management. New York: Prentice Hall

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Kottler dan Keller. 2007. Menejemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Martilla, J. A., & James, J. C. 1977. Importance-Performance Analysis. Journal of Marketting, 41(1), 77-79.

Matzler, K. dan Hinterhuber, H. 1998. How to Make Product Development Projects More Successful by Integrating Kano’s Model of Customer Satisfaction into Quality Function Deployment. Technovation, 18 (1), pp. 25-38.

Milkovich, G.T., and Boudreau, J.W. 1988. Personnel, Human Resource Management, A Diagnostic Approach. Business Publications.

O'Neill, M. A., & Palmer, A. 2004. Importance-Performance Analysis: A Useful Tool For Directing Continuous Quality Improvement in Higher Education. Quality Assurance in Education, 12(1), 39-52.

Peni, K. 2005. Pengaruh ImbalanTterhadap Kinerja Karyawan, Tesis Magister, Program Studi Teknik dan Manajemen Industri, Institut Teknologi Bandung.

Putra, Ichsan S. dan Pratiwi, Ariyanti. 2005. Sukses dengan Soft Skills: Bagaimana

Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Sejak Kuliah. Institut Teknologi Bandung.

Rahayu, E. 2005. Studi Persepsi Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat

Kenyamanan Kawasan Simpang Lima Sebagai Ruang Terbuka Publik. Universitas Diponegoro. Semarang. Skripsi.

Renosori, P., Achiraeniwati, E., dan Oktavalevi D. 2002. Analisis Hubungan Antara Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komitmen dan Kepuasan Kerja Karyawan Ditinjau dari Iklim Organisasi dan Karakteristik Pekerjaan dengan Menggunakan Analisis Faktor dan Analisis Jalur. Jurnal Teknik dan Manajemen Industri. Vol. 3, No.1.

Sadeli, A.H., Utami, H.N; dan Rahmanisa, R. 2016. Does Customer Satisfacti on Product Quality Illustrates Loyalty of Agricultural Product. Ijaber. Vol 14, No 1, pp 223 – 232.

Sahney, et al. 2004. A Servqual and QFD Approach to Total Quality Eduation, a Student Perspective. International Journal of Productivity and Performance Management. Vol. 53 No. 2, 2004: 143-166

Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Henry. 2001. Manajemen Sumberdaya Manusia. edisi kedua. Yogyakarta:YKPN.

Sever,I. 2015. Importance-Performance Analysis: A Valid Management Tool?.Journal of Tourism Management 48 pp 43-53.

Spiller, A., Zühlsdorf, A., dan Mellin, M. 2007. Farmer-to-Consumer Direct Marketing: The Role of Customer Satisfaction Measurement for Service

Innovations. 1st International European Forum on Innovation and System Dynamics in Food Networks. European Association of Agricultural Economists. Austria

Spencer, M. Lely & Signe M Spencer, 1993, Competence At Work, Models for Superior

Performance, John Wiley & Sons Inc.

Tjiptono, F. 2005. Service, Quality & Satisfaction Edisi Ketiga. Yogyakarta: Penerbit

Andi.

Tontini, G., & Silveira, A. 2007. Identification of Satisfaction Attributes Using

Competitive Analysis of The Improvement Gap. International Journal of Operations and Production Management, 27(5), 482-500.

Tom, Gail and Elmer, Laura., 1994, Alumni Willingness to Give and Contribution

Behaviour, Journal of Services Marketing, Vol. 8 No. 4, 1994, pp. 57-62.

Zeithmal, Valari, A. Parasuraman A. and Berry, Leonard, Delivering Quality

ServiceBalancing Customer Perception and Expectation, 1990, New York: The Free Press

Henderson, K., & Thompson, B. (2022). "Evaluating Vocational Education Outcomes:

An IPA-based Approach." Journal of Education and Work, 35(2), 156-171.

Kumar, S., et al. (2021). "Bridging the Skills Gap in Tourism and Hospitality:

Systematic Review." International Journal of Contemporary Hospitality Management, 33(4), 1347-1366.

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). "Importance-Performance Analysis." Journal of Marketing, 41(1), 77-79.

Politeknik Negeri Bali (2022). Studi Kepuasan Industri terhadap Lulusan Vokasi di Bali.

Putri, A., & Sharma, R. (2023). "Competency Requirements in Bali's Hospitality

Industry: Employers' Perspective." Tourism Management Perspectives, 45, 100 112.

Suartika, I. M., et al. (2023). "Vocational Education and Tourism Industry Development in Bali: Challenges and Opportunities." Journal of Technical Education and Training, 15(2), 45-58.

Widodo, H. P., et al. (2022). "Skills Mismatch in Indonesia's Tourism Sector: A Regional Analysis." Journal of Vocational Education & Training, 74(3), 289-304

Downloads

Published

2025-03-22

How to Cite

Mas Krisna Komala Sari, I. G. A., Agus Jaya Sadguna, I. G., & Sri Astuti, N. N. (2025). Evaluasi Kesesuaian Kompetensi Lulusan Pendidikan Vokasi dengan Kebutuhan Industri di Bali Menggunakan Metode Importance-Performance Analysis (IPA). Jurnal Sosial Dan Sains, 5(3), 512–521. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32082