Strategi Optimalisasi Content Marketing dan Meta Ads untuk Meningkatkan Brand Awareness Sekain Sebaju pada Media Sosial Instagram

Authors

  • Ananda Yulianti Dewi Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Fadiyah Bamahry Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32100

Keywords:

Social Media Marketing, Content Marketing, Meta Ads, Instagram, Sekain Sebaju, Brand Awareness

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) sektor fashion di Indonesia memiliki peranan penting dalam ekonomi kreatif negara. Dalam konteks pemasaran digital, khususnya di industri fashion, pemahaman tentang preferensi konsumen dan perubahannya menjadi semakin kompleks. Industri fashion sendiri telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari, dan berperan penting dalam menentukan tren dan mode di dunia Pemasaran dengan menggunakan media sosial menjadi kunci pertumbuhan bagi UKM fashion. Namun, sejumlah UKM termasuk Sekain Sebaju, masih menghadapi tantangan dalam memaksimalkan pemasaran melalui platform media sosial Instagram. Oleh karena itu, proyek ini mengimplementasikan strategi content marketing dan Meta ads pada media sosial Instagram Sekain Sebaju dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness. Fokus utama proyek yaitu pada produksi konten yang lebih konsisten dan sesuai dengan preferensi target audiens, serta menjangkau target audiens melalui ads yang dilakukan. Proyek ini mencakup adaptasi konten dengan kebutuhan dan preferensi target audiens dalam memperkuat kedekatan merek dengan konsumen, serta memberikan rekomendasi bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran digital yang efektif guna mencapai tujuan pemasaran

References

Agustino, M., Herman, Y., Ginting, R. D., Ananda, A. D., Mega, A., Handayani, D., Sentoso, A., & Manajemen, P. S. (2023). http://bajangjournal.com/index.php/JCI ANALISIS STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING DI INSTAGRAM RAJA PARFUM. In JCI Jurnal

Cakrawala Ilmiah (Vol. 2, Issue 10). http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Arum Sunarta, D. (n.d.). Kaum Milenial di Perkembangan Ekonomi Digital. Economic and Business Management International Journal Januari 2023 |, 5(1), 2715–3681. https://doi.org/10.556442/eabmij.v5i01

Budimansyah Putra, B. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INFLUENCER MARKETING DAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION ERIGO UNTUK MENINGKATKAN BRAND

AWARENESS. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(Februari), 99–106. https://doi.org/10.62017/jimea

Dar, M. A. (2023). Digital Marketing: Role of Modern Marketing Techniques in Building Brand Awareness. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR), 10(4), 1. www.ijrar.org

Fadhillah, H. N., Ariprahara, G., & Muthaminnah, L. (2023). DESIGN OF A PROMOTIONAL STRATEGY IN INCREASING BRAND AWARENESS AND EDUCATION OF BRAND ORTUSEIGHT (Vol. 10, Issue 6).

Harini, H., Wahyuningtyas, D. P., Sutrisno, S., Wanof, M. I., & Ausat, A. M. A. (2023). Marketing Strategy for Early Childhood Education (ECE) Schools in the Digital Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2742–2758. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4454

Karlita Aprilianti, A. A. I., Rastini, N. M., & Rahanatha, G. B. (2023). PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal

Manajemen Universitas Udayana, 12(3), 280.

https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i03.p04

Kinerja, P., Organisasi, M., Dan, K., Koperasi, U., Umkm, &, Elya, R., & Pendahuluan, D. (n.d.). Book Chapter Analisis Situasi Dan Strategi Usaha Untuk Keberlanjutan Usaha Kecil Mikro (UKM).

Muhammad Flavio Hafizh Putra Kuntjoro, & Silvanus Alvin. (2023). Examining Social Media Marketing Strategies for Building Brand Awareness: A Case Study of Instagram Foom.id. Jurnal Multidisiplin Madani, 3(8), 1766–1771. https://doi.org/10.55927/mudima.v3i8.5054

Paradise Paradise, Muhammad Afrizal Amrustian, & Maliana Puspa Arum. (2023). Pelatihan Dan Sosialisasi “Aplikasi Smart Imunisasi (ASI)” Untuk Deteksi Stunting Anak Usia Dini Menuju Indonesia Bebas Stunting. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 76–85. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i1.414

Putri Ardhya, R., Kholik, A., & Fajar Rizki, M. (n.d.). Menati Fajar Rizki INNOVATIVE. Journal Of Social Science Research, 4, 16814–16824. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Sari, S., & Indria, I. (2022). Strategi Komunikasi Merek Melalui Pemasaran Berbasis Empati bagi Pelaku UMKM pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota

Bengkulu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.123

Susilo, Y., Wijayanti, E., & Santoso, S. (2021). PENERAPAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA PEMASARAN EKONOMI KREATIF KULINER MINUMAN

BOBA. 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4

Syehabuddin, A., Pungkawati, D., & Sahara, E. M. (2022). Optimizing Muara Coffee and Space Digital Marketing Strategy Using Instagram. In International Journal of Research and Applied Technology (Vol. 2, Issue 2).

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Yulianti Dewi, A., & Bamahry, F. (2025). Strategi Optimalisasi Content Marketing dan Meta Ads untuk Meningkatkan Brand Awareness Sekain Sebaju pada Media Sosial Instagram. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(3), 623–634. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32100