Strategi Optimalisasi Content Marketing dan Meta Ads untuk Meningkatkan Brand Awareness Sekain Sebaju pada Media Sosial Instagram
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32100Keywords:
Social Media Marketing, Content Marketing, Meta Ads, Instagram, Sekain Sebaju, Brand AwarenessAbstract
Usaha Kecil Menengah (UKM) sektor fashion di Indonesia memiliki peranan penting dalam ekonomi kreatif negara. Dalam konteks pemasaran digital, khususnya di industri fashion, pemahaman tentang preferensi konsumen dan perubahannya menjadi semakin kompleks. Industri fashion sendiri telah berkembang dalam kehidupan sehari-hari, dan berperan penting dalam menentukan tren dan mode di dunia Pemasaran dengan menggunakan media sosial menjadi kunci pertumbuhan bagi UKM fashion. Namun, sejumlah UKM termasuk Sekain Sebaju, masih menghadapi tantangan dalam memaksimalkan pemasaran melalui platform media sosial Instagram. Oleh karena itu, proyek ini mengimplementasikan strategi content marketing dan Meta ads pada media sosial Instagram Sekain Sebaju dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness. Fokus utama proyek yaitu pada produksi konten yang lebih konsisten dan sesuai dengan preferensi target audiens, serta menjangkau target audiens melalui ads yang dilakukan. Proyek ini mencakup adaptasi konten dengan kebutuhan dan preferensi target audiens dalam memperkuat kedekatan merek dengan konsumen, serta memberikan rekomendasi bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran digital yang efektif guna mencapai tujuan pemasaran
References
Agustino, M., Herman, Y., Ginting, R. D., Ananda, A. D., Mega, A., Handayani, D., Sentoso, A., & Manajemen, P. S. (2023). http://bajangjournal.com/index.php/JCI ANALISIS STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING DI INSTAGRAM RAJA PARFUM. In JCI Jurnal
Cakrawala Ilmiah (Vol. 2, Issue 10). http://bajangjournal.com/index.php/JCI
Arum Sunarta, D. (n.d.). Kaum Milenial di Perkembangan Ekonomi Digital. Economic and Business Management International Journal Januari 2023 |, 5(1), 2715–3681. https://doi.org/10.556442/eabmij.v5i01
Budimansyah Putra, B. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INFLUENCER MARKETING DAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION ERIGO UNTUK MENINGKATKAN BRAND
AWARENESS. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(Februari), 99–106. https://doi.org/10.62017/jimea
Dar, M. A. (2023). Digital Marketing: Role of Modern Marketing Techniques in Building Brand Awareness. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR), 10(4), 1. www.ijrar.org
Fadhillah, H. N., Ariprahara, G., & Muthaminnah, L. (2023). DESIGN OF A PROMOTIONAL STRATEGY IN INCREASING BRAND AWARENESS AND EDUCATION OF BRAND ORTUSEIGHT (Vol. 10, Issue 6).
Harini, H., Wahyuningtyas, D. P., Sutrisno, S., Wanof, M. I., & Ausat, A. M. A. (2023). Marketing Strategy for Early Childhood Education (ECE) Schools in the Digital Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2742–2758. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4454
Karlita Aprilianti, A. A. I., Rastini, N. M., & Rahanatha, G. B. (2023). PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal
Manajemen Universitas Udayana, 12(3), 280.
https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i03.p04
Kinerja, P., Organisasi, M., Dan, K., Koperasi, U., Umkm, &, Elya, R., & Pendahuluan, D. (n.d.). Book Chapter Analisis Situasi Dan Strategi Usaha Untuk Keberlanjutan Usaha Kecil Mikro (UKM).
Muhammad Flavio Hafizh Putra Kuntjoro, & Silvanus Alvin. (2023). Examining Social Media Marketing Strategies for Building Brand Awareness: A Case Study of Instagram Foom.id. Jurnal Multidisiplin Madani, 3(8), 1766–1771. https://doi.org/10.55927/mudima.v3i8.5054
Paradise Paradise, Muhammad Afrizal Amrustian, & Maliana Puspa Arum. (2023). Pelatihan Dan Sosialisasi “Aplikasi Smart Imunisasi (ASI)” Untuk Deteksi Stunting Anak Usia Dini Menuju Indonesia Bebas Stunting. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 76–85. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i1.414
Putri Ardhya, R., Kholik, A., & Fajar Rizki, M. (n.d.). Menati Fajar Rizki INNOVATIVE. Journal Of Social Science Research, 4, 16814–16824. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Sari, S., & Indria, I. (2022). Strategi Komunikasi Merek Melalui Pemasaran Berbasis Empati bagi Pelaku UMKM pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota
Bengkulu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.123
Susilo, Y., Wijayanti, E., & Santoso, S. (2021). PENERAPAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA PEMASARAN EKONOMI KREATIF KULINER MINUMAN
BOBA. 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4
Syehabuddin, A., Pungkawati, D., & Sahara, E. M. (2022). Optimizing Muara Coffee and Space Digital Marketing Strategy Using Instagram. In International Journal of Research and Applied Technology (Vol. 2, Issue 2).
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ananda Yulianti Dewi, Fadiyah Bamahry

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.





