Usaha Peningkatan Produktivitas di CV. FSI Bandung Melalui Program Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i5.32115Keywords:
Produktivitas, Pelatihan, Pengembangan, Kinerja KaryawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh simultan dan parsial antara program pelatihan dan pengembangan karyawan terhadap kinerja dan produktivitas karyawan di CV. FSI Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan verifikatif. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 109 karyawan, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda serta uji Sobel untuk menguji pengaruh mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan kontribusi sebesar 58,7%. Secara parsial, pelatihan memberikan pengaruh positif sebesar 0,414, sementara pengembangan memberikan pengaruh lebih besar, yaitu sebesar 0,693. Selain itu, pelatihan dan pengembangan secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan dengan kontribusi sebesar 56,1%. Secara parsial, pelatihan memberikan pengaruh positif sebesar 0,766, sedangkan pengembangan memberikan pengaruh sebesar 1,484. Kinerja karyawan terbukti memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap produktivitas, dengan kontribusi sebesar 75,8%. Uji Sobel menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap produktivitas melalui kinerja karyawan. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa peningkatan program pelatihan dan pengembangan karyawan yang relevan dan terstruktur sangat penting untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taufik Al Rasyid, Oviyan Patra, Evan Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.