Pengaruh Terpaan Konten Media Sosial terhadap Opini Publik: Studi Kasus Kepemilikan Donasi Agus Salim

Authors

  • Andrian Hartanto Wijaya Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32144

Keywords:

Terpaan Konten, Opini Publik, Kepemilikan Donasi Muhammad Agus Salim

Abstract

Maraknya pemberitaan terkait dengan kepemilikan donasi Agus Salim merupakan hal yang berpotensi dapat memberikan dampak positif ataupun dampak negatif kepada para pengguna media sosial di Indonesia dan hal inilah yang membuat penelitian ini dilakukan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh antara terpaan konten terkait kepemilikan donasi Agus Salim terhadap opini publik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan paradigma positivistik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan uji instrument, asumsi klasik, dan hipotesis. Berdasarkan hasil uji t test diketahui bahwa nilai t hitung dari variabel Terpaan Konten (X) adalah 10,440 dengan Sig 0,000, dan karena t hitung variabel Terpaan Konten (X) (10,440) > t tabel (1,984) dan Sig (0,000) < 0,005 maka H1 diterima dan H0 ditolak, atau dengan kata lain: Terpaan Konten (X) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Opini Publik (Y).

References

Aisyah, I., & Hasfi, N. (2022). Opini Publik Dalam Gerakan Taga #PERCUMALAPORPOLISI Di Media Sosial Twitter. Interaksi Online, 10(3).

Aletheia, A. W. (2023). Pengaruh Terpaan Konten Vonis Hukuman Richard Eliezer Dan Ferdy Sambo Di Akun Instagram @Narasinewsroom Terhadap Opini Followers Mengenai Vonis Hukuman. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar dengan Software R. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 327–334. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.2412

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Basarah, F. F., & Romaria, G. (2020). Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2). https://doi.org/10.22441/jam.2020.v5.i2.006

Fajrianty, L. (2024). Rangkuman Kasus Agus Salim Disiram Air Keras Oleh Rekan Kerja Hingga Buta, Kini Dapat Donasi Rp1,5 M. Tribun Sumsel.Com.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro Press.

Irwan. (2018). Relevansi Paradigma Positivistik Dalam Penelitian Sosiologi Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1). https://doi.org/10.14710/jis.17.1.2018.21-38

Juliana, I. (2022). Pengaruh Terpaan Konten Youtube Jovi Adhiguna Terhadap Opini Remaja Mengenai Kecantikan. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Khalil, I., Shihab, M. S., & Hammad. (2023). Pengaruh Konten dan Copywriting Instagram Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(3). https://doi.org/10.52643/jam.v13i3.3483

Kinanti, P. F., & Rosdiana, Y. (2022). Pengaruh Operating Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020. Bandung Conference Series: Accountancy, 2(1), 245–252.

Muhartini, A. A., Sahroni, O., Rahmawati, S. D., Febrianti, T., & Mahuda, I. (2021). Analisis Peramalan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana. Bayesian : Jurnal Ilmiah Statistika Dan Ekonometrika, 1(1). https://doi.org/10.30604/jika.v7i2.1507

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Purbohastuti, A. W. (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Ekonomika, 12(2), 212–231.

Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Putri, V. K. A. (2018). Media Sosial Terintegrasi dalam Komunikasi Pemasaran Brand: Studi Komparasi Pemanfaatan Media Sosial Oleh High dan Low Involvement Decision Brand. Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.7454/jki.v4i2.8889

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1). https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sumarsono. (2024). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024. RRI.Com.

Winarsunu, T. (2017). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Dan Pendidikan. UMM Press.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Wijaya, A. H. (2025). Pengaruh Terpaan Konten Media Sosial terhadap Opini Publik: Studi Kasus Kepemilikan Donasi Agus Salim. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(4), 834–842. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32144