Pengaruh Terpaan Konten Media Sosial terhadap Opini Publik: Studi Kasus Kepemilikan Donasi Agus Salim
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32144Keywords:
Terpaan Konten, Opini Publik, Kepemilikan Donasi Muhammad Agus SalimAbstract
Maraknya pemberitaan terkait dengan kepemilikan donasi Agus Salim merupakan hal yang berpotensi dapat memberikan dampak positif ataupun dampak negatif kepada para pengguna media sosial di Indonesia dan hal inilah yang membuat penelitian ini dilakukan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh antara terpaan konten terkait kepemilikan donasi Agus Salim terhadap opini publik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan paradigma positivistik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan uji instrument, asumsi klasik, dan hipotesis. Berdasarkan hasil uji t test diketahui bahwa nilai t hitung dari variabel Terpaan Konten (X) adalah 10,440 dengan Sig 0,000, dan karena t hitung variabel Terpaan Konten (X) (10,440) > t tabel (1,984) dan Sig (0,000) < 0,005 maka H1 diterima dan H0 ditolak, atau dengan kata lain: Terpaan Konten (X) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Opini Publik (Y).
References
Aisyah, I., & Hasfi, N. (2022). Opini Publik Dalam Gerakan Taga #PERCUMALAPORPOLISI Di Media Sosial Twitter. Interaksi Online, 10(3).
Aletheia, A. W. (2023). Pengaruh Terpaan Konten Vonis Hukuman Richard Eliezer Dan Ferdy Sambo Di Akun Instagram @Narasinewsroom Terhadap Opini Followers Mengenai Vonis Hukuman. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar dengan Software R. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 327–334. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.2412
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Basarah, F. F., & Romaria, G. (2020). Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2). https://doi.org/10.22441/jam.2020.v5.i2.006
Fajrianty, L. (2024). Rangkuman Kasus Agus Salim Disiram Air Keras Oleh Rekan Kerja Hingga Buta, Kini Dapat Donasi Rp1,5 M. Tribun Sumsel.Com.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro Press.
Irwan. (2018). Relevansi Paradigma Positivistik Dalam Penelitian Sosiologi Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1). https://doi.org/10.14710/jis.17.1.2018.21-38
Juliana, I. (2022). Pengaruh Terpaan Konten Youtube Jovi Adhiguna Terhadap Opini Remaja Mengenai Kecantikan. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Khalil, I., Shihab, M. S., & Hammad. (2023). Pengaruh Konten dan Copywriting Instagram Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(3). https://doi.org/10.52643/jam.v13i3.3483
Kinanti, P. F., & Rosdiana, Y. (2022). Pengaruh Operating Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020. Bandung Conference Series: Accountancy, 2(1), 245–252.
Muhartini, A. A., Sahroni, O., Rahmawati, S. D., Febrianti, T., & Mahuda, I. (2021). Analisis Peramalan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana. Bayesian : Jurnal Ilmiah Statistika Dan Ekonometrika, 1(1). https://doi.org/10.30604/jika.v7i2.1507
Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Purbohastuti, A. W. (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Ekonomika, 12(2), 212–231.
Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Putri, V. K. A. (2018). Media Sosial Terintegrasi dalam Komunikasi Pemasaran Brand: Studi Komparasi Pemanfaatan Media Sosial Oleh High dan Low Involvement Decision Brand. Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.7454/jki.v4i2.8889
Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1). https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sumarsono. (2024). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024. RRI.Com.
Winarsunu, T. (2017). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Dan Pendidikan. UMM Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andrian Hartanto Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.