Model Bisnis Berkelanjutan dalam Era Digital dan Strategi Bersaing pada Industri Pakaian Olahraga Niche: Studi Kasus Alo Yoga, Lululemon, dan Vuori
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i7.32395Keywords:
Model bisnis berkelanjutan, era digital, strategi bersaingAbstract
Penelitian ini mengkaji model bisnis berkelanjutan dan strategi bersaing di era digital pada tiga perusahaan pakaian olahraga premium: Alo Yoga, Lululemon, dan Vuori. Penelitian menggunakan pendekatan analisis studi kasus untuk mengevaluasi implementasi digitalisasi dan keberlanjutan pada masing-masing perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga perusahaan berhasil mengintegrasikan model direct-to-consumer (DTC) yang didukung oleh teknologi digital seperti big data dan kecerdasan buatan untuk memperkuat keterlibatan konsumen dan efisiensi operasional. Dengan menerapkan prinsip Triple Bottom Line, ketiga perusahaan tidak hanya berfokus pada profitabilitas tetapi juga berkomitmen terhadap kesejahteraan sosial dan lingkungan. Melalui strategi Focused Differentiation dan Broad Differentiation, perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen yang peduli terhadap isu sosial dan lingkungan. Namun, tantangan seperti transparansi rantai pasok dan adaptasi terhadap perubahan pasar tetap menjadi perhatian penting. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi dan keberlanjutan dapat menjadi pendorong utama dalam mencapai daya saing yang berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novilya Novilya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.