Strategi Implementasi Pemasaran Berbasis Inovasi dan Transformasi Digital Pada PT Tempo Scan Pacific, TBK
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i7.32397Keywords:
Inovasi Produk, Transformasi Digital, Strategi Pemasaran, Efektivitas Pemasaran, Daya Saing PerusahaanAbstract
Dalam era transformasi digital yang dinamis, PT Tempo Scan Pacific Tbk menghadapi tantangan kompleks dari perubahan perilaku konsumen, teknologi pemasaran, hingga regulasi industri. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menguji pengaruh strategi implementasi pemasaran berbasis inovasi dan transformasi digital terhadap efektivitas pemasaran dan daya saing perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dilengkapi pendekatan deskriptif-verifikatif. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan yang terlibat dalam kegiatan pemasaran, inovasi, dan teknologi digital di PT Tempo Scan Pacific Tbk. Sampel berjumlah 60 responden yang terdiri dari staf marketing, R&D, digital strategist, dan manajer distribusi, dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria berpengalaman ≥ 2 tahun di bidangnya dan terlibat langsung dalam pelaksanaan strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk, transformasi digital, dan strategi pemasaran secara signifikan berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran, dengan strategi pemasaran sebagai faktor paling dominan. Efektivitas pemasaran juga berperan sebagai mediasi yang kuat dalam peningkatan daya saing perusahaan. Strategi implementasi pemasaran berbasis inovasi dan transformasi digital yang diterapkan oleh PT Tempo Scan Pacific Tbk terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap efektivitas pemasaran dan daya saing perusahaan. Inovasi produk yang berkelanjutan, integrasi digital dalam proses pemasaran, serta strategi komunikasi yang adaptif terhadap kebutuhan pasar terbukti mampu meningkatkan loyalitas konsumen, efisiensi biaya pemasaran, dan penguatan posisi perusahaan di pasar domestik maupun ASEAN. Strategi pemasaran merupakan faktor dominan yang memperkuat efektivitas dan daya saing perusahaan secara langsung maupun tidak langsung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jessica Novia, Mariana Mariana, Yuliana Susanto Sunata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.