Psikologi Manajemen Dalam Pendidikan

Authors

  • Muhammad Zaki Rahman Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kasful Anwar Us Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Shalahudin Shalahudin Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kasful Anwar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i9.32460

Keywords:

Psikologi, Manajemen, Pendidikan

Abstract

Dalam menghadapi tuntutan era global, pengelolaan pendidikan diarahkan pada pengembangan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, kreatif, mandiri, serta mampu berperan sebagai warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Dalam konteks ini, psikologi manajemen pendidikan berperan penting karena menitikberatkan pada penerapan konsep-konsep psikologi untuk meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar. Pemahaman terhadap aspek-aspek psikologis seperti motivasi, kepribadian, dan mekanisme belajar sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perilaku individu di lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan kajian mendalam mengenai peran psikologi dalam manajemen pendidikan, termasuk analisis mengenai kecerdasan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, serta faktor-faktor psikologis lain yang memengaruhi keberhasilan pendidikan.

Downloads

Published

2025-09-17

How to Cite

Rahman, M. Z., Anwar Us, K. ., Shalahudin, S., & Anwar , K. . (2025). Psikologi Manajemen Dalam Pendidikan. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(9), 7136–7147. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i9.32460