Analisis Kompetensi dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Serta Pengaruhnya Pada Capaian Iku Pegawai Ditjen PPKTRANS
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i9.32484Keywords:
Kompetensi kerja, Kepuasan kerja, Loyalitas kerja, Capaian IKU, ASN, Ditjen PPKTransAbstract
Dalam era birokrasi modern, capaian kinerja aparatur sipil negara (ASN) tidak hanya mencerminkan efektivitas individu, tetapi juga menjadi indikator keberhasilan organisasi publik dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Salah satu ukuran kinerja yang strategis adalah Indikator Kinerja Utama (IKU), yang digunakan pemerintah untuk menilai keberhasilan instansi dalam mencapai sasaran pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kerja dan kepuasan kerja terhadap loyalitas kerja, dan pengaruhnya pada capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Ditjen PPKTrans) pada periode 2020–2024. Fenomena fluktuasi capaian IKU dalam lima tahun terakhir menunjukkan pentingnya faktor internal sumber daya manusia dalam menentukan kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research dan teknik analisis Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS). Responden penelitian adalah pegawai aktif Ditjen PPKTrans yang bekerja selama minimal 3 tahun. Hasil penelitian diharapkan dapat menguji lima hipotesis, pengaruh langsung kompetensi kerja serta kepuasan kerja terhadap capaian IKU melalui loyalitas kerja sebagai variabel mediasi. Temuan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan manajemen kinerja ASN, khususnya dalam meningkatkan efektivitas organisasi sektor publik berbasis indikator objektif. Implikasi praktis dari penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan kebijakan penguatan SDM dalam rangka reformasi birokrasi dan pencapaian target strategis instansi pemerintah.
References
Allen, N. J., & Meyer, J. P. (1990). The measurement and antecedents of affective, continuance and normative commitment to the organization. Journal of Occupational Psychology, 63(1), 1–18.
Dessler, G. (2015). Human resource management (14th ed.). Pearson Education.
Diknas Provinsi Jawa Timur. (2020). Laporan kinerja instansi pemerintah tahun 2019. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2).
Dinas Kesehatan Provinsi Riau. (2021). Laporan kinerja instansi pemerintah (LKjIP) tahun 2021. Laporan Kinerja Dishub.
FoEh, D. A., Meutia, I., & Basuki, S. (2021). Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan kerja dan loyalitas guru. Jurnal Kewirausahaan dan Inovasi (JKI), 10(2), 115–126.
Hairina, H., & Jonnius, J. (2021). Analisis determinan kepuasan kerja dan loyalitas pegawai. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 3(2), 50–65. https://doi.org/10.37859/mrabj.v3i1.2791
Herzberg, F. (1968). One more time: How do you motivate employees? Harvard Business Review, 46(1), 53–62.
Hidayatullah, M. (2021). Pengaruh loyalitas terhadap kinerja pegawai dalam organisasi dengan struktur manajerial lemah [Tesis tidak dipublikasikan].
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2021). Panduan sistem kerja ASN di era new normal. Kementerian PANRB.
Lestari, S. (2019). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja PNS di pemerintah kota X. Jurnal Administrasi Publik, 8(2), 101–108.
Meyer, J. P., & Allen, N. J. (1991). A three-component conceptualization of organizational commitment. Human Resource Management Review, 1(1), 61–89.
Mulyadi, H. (2020). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai PT. Galamedia. Jurnal Manajemen & Bisnis, 7(1), 23–31.
Nani, F. L., Rowa, H., & Martini, A. (2021). Efektivitas sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 6(1), 102–111. https://doi.org/10.33701/jipsk.v6i1.1738
Nugraha, H., Nadeak, M., Martini, M., & Suyaman, S. (2022). Pengaruh pengembangan karir dan kompetensi terhadap kepuasan kerja yang berdampak pada kinerja pegawai negeri sipil. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 81–93.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational behavior (16th ed.). Pearson Education.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational behavior (17th ed.). Pearson Education.
Semarang, Dinas Pendidikan Kota. (2021). Laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LKjIP) tahun 2021. Laporan Kinerja Dishub, 3.
Setiawati, T. (2020). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja dosen. Jurnal Pendidikan Tinggi, 15(2), 123–135.
Wemben, Y. P. (2025). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja dosen dimediasi oleh kepuasan kerja. Jurnal Administrasi Publik Indonesia, 12(1), 22–34.
Widi, R. A. (2020). Loyalitas karyawan sebagai variabel mediasi dalam meningkatkan kinerja. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(1), 41–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Danu Apriatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.