Hubungan Game Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan

Authors

  • Intan Grace Mauboy Universitas Advent Indonesia
  • Ernawati Siagian Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i3.364

Keywords:

Game Onlie,, Mahasiswa Keperawatan,, Minat Belajar,

Abstract

LatarBelakang: Teknologi yang semakin berkembang akan memudahkan seseorang untuk mengakses sesuatu, khususnya melalui internet, baik itu berupa materi pelajaran ataupun aplikasi game online. Mengaskes game online atau aplikasi media sosial memiliki pengaruh yang dapat meningkatkan keterampilan fisik dan kemampuan intelektual berserta fantasi siswa. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kelamin, gambaran penggunaan game online serta minat belajar mahasiswa keperawatan. Metode: Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif korelasi dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sebanyak 65 responden. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner yang digunakan oleh Ratih Ilham untuk mengukur tingkat penggunaan game online serta minat belajar mahasiswa. Data dianalisis secara univariat dengan menggunakan frekuensi dan presentasi. Analisa secara bivariat dengan Pearson rank product momentHasil: Hasil menunjukkan bahwa tingkat penggunaan game online dalam kategori sedang (64,62%) dan minat belajar berada pada kategori sedang (98,64%). Analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan game online dengan nilai sig = 0,314 (p < 0,05), tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan minat belajar dengan nilai sig = 0,299 (p < 0,05) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara game online dengan minat belajar dengan nilai p value 0,464 > 0,05. Nilai korelasi yang didapatkan 0,093 berarti ada hubungan yang searah dengan tingkat keeratan lemah. Kesimpulan: Pengaruh game online pada tingkat minat belajar siswa. Siswa akan melupakan kewajibannya sebagai seorang pelajar demi bermain game online.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Grace Mauboy, I. ., & Siagian, E. . (2022). Hubungan Game Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(3), 457–464. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i3.364