Hubungan Game Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i3.364Keywords:
Game Onlie,, Mahasiswa Keperawatan,, Minat Belajar,Abstract
LatarBelakang: Teknologi yang semakin berkembang akan memudahkan seseorang untuk mengakses sesuatu, khususnya melalui internet, baik itu berupa materi pelajaran ataupun aplikasi game online. Mengaskes game online atau aplikasi media sosial memiliki pengaruh yang dapat meningkatkan keterampilan fisik dan kemampuan intelektual berserta fantasi siswa. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kelamin, gambaran penggunaan game online serta minat belajar mahasiswa keperawatan. Metode: Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif korelasi dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sebanyak 65 responden. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner yang digunakan oleh Ratih Ilham untuk mengukur tingkat penggunaan game online serta minat belajar mahasiswa. Data dianalisis secara univariat dengan menggunakan frekuensi dan presentasi. Analisa secara bivariat dengan Pearson rank product moment. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa tingkat penggunaan game online dalam kategori sedang (64,62%) dan minat belajar berada pada kategori sedang (98,64%). Analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan game online dengan nilai sig = 0,314 (p < 0,05), tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan minat belajar dengan nilai sig = 0,299 (p < 0,05) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara game online dengan minat belajar dengan nilai p value 0,464 > 0,05. Nilai korelasi yang didapatkan 0,093 berarti ada hubungan yang searah dengan tingkat keeratan lemah. Kesimpulan: Pengaruh game online pada tingkat minat belajar siswa. Siswa akan melupakan kewajibannya sebagai seorang pelajar demi bermain game online.Published
2022-03-15
How to Cite
Grace Mauboy, I. ., & Siagian, E. . (2022). Hubungan Game Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(3), 457–464. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i3.364
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Intan Grace Mauboy, Ernawati Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.