Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Ipa Menggunakan Geogebra Pada Materi Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i4.387Keywords:
GeoGebra, Trigonometri, Motivasi BelajarAbstract
LatarBelakang: Berdasarkan hasil pengalaman mengajar materi trigonometri diketahui bahwa motivasi belajar sebagian besar siswa X IPA SMAN 3 Sanggau sangat rendah. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah peningkatkan motivasi belajar siswa X IPA materi Trigonometri melalui GeoGebra. Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data melalui non tes. Teknik non tes digunakan untuk mengetahui perkembangan motivasi belajar dengan menggunakan lembar pengamatan. Untuk mengetahui peningkatan motivasi digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil: Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari rendah menjadi tinggi sehingga menurut teoritik dan empirik menggunakan GeoGebra pada materi Trigonometri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa X IPA SMA Negeri 3 Sanggau semester genap tahun 2021/2022. Kesimpulan: Teoritik dan empirik dengan menggunakan GeoGebra dapat meningkatkan motivasi belajar matematika materi Trigonometri bagi siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Sanggau semester genap tahun 2021/2022.Published
2022-04-15
How to Cite
Priyanto, A., & Yani T, A. . (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Ipa Menggunakan Geogebra Pada Materi Trigonometri. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(4), 538–544. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i4.387
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Agus Priyanto, Ahmad Yani T
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.