Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Ipa Menggunakan Geogebra Pada Materi Trigonometri

Authors

  • Agus Priyanto a:1:{s:5:"en_US";s:23:"Universitas Tanjungpura";}
  • Ahmad Yani T Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i4.387

Keywords:

GeoGebra, Trigonometri, Motivasi Belajar

Abstract

LatarBelakang: Berdasarkan hasil pengalaman mengajar materi trigonometri diketahui bahwa motivasi belajar sebagian besar siswa X IPA SMAN 3 Sanggau sangat rendah. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah peningkatkan motivasi belajar siswa X IPA materi Trigonometri melalui GeoGebraMetode: Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data melalui non tes. Teknik non tes digunakan untuk mengetahui perkembangan motivasi belajar dengan menggunakan lembar pengamatan. Untuk mengetahui peningkatan motivasi digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil: Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari rendah menjadi tinggi sehingga menurut teoritik dan empirik menggunakan GeoGebra pada materi Trigonometri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa X IPA SMA Negeri 3 Sanggau semester genap tahun 2021/2022. Kesimpulan: Teoritik dan empirik dengan menggunakan GeoGebra dapat meningkatkan motivasi belajar matematika materi Trigonometri bagi siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Sanggau semester genap tahun 2021/2022.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Priyanto, A., & Yani T, A. . (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Ipa Menggunakan Geogebra Pada Materi Trigonometri. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(4), 538–544. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i4.387