Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berlangganan Music On Demand (Spotify)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i5.395Keywords:
Citra Merek, Variasi Produk, Motivasi, Minat BerlanggananAbstract
Latar Belakang: Pandemi Covid-19 yang mulai mewabah sejak awal 2020 menjadi pukulan keras bagi industri hiburan dunia, termasuk sektor musik. Sebab para musisi, promotor, dan agensi membatalkan tur dan seluruh performa secara langsung. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh citra merek, variasi produk, motivasi terhadap minat membeli layanan streaming musik spotify. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang dipergunakan ialah masyarakat di Banjarnegara dan sekitarnya. Ukuran sampel sebesar 100 responden dengan mempergunakan non purposive sampling. metode pengumpulan dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dengan skala likert. Hasil : Data diuji dengan pengujian validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis statistik deskriptif, uji koefisien determinasi, analisis regresi berganda, uji T, uji F. Hasil uji T dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek, variasi produk, dan motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli layanan streaming musik spotify, dengan kontribusi pengaruh sebesar 41,3%. Kesimpulan : Pengaruh positif signifikan variabel citra merek terhadap minat beli layanan streaming musik spotify.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Febri Kurniyati, Ginanjar Rahmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.