Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berlangganan Music On Demand (Spotify)

Authors

  • Dwi Febri Kurniyati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Ginanjar Rahmawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i5.395

Keywords:

Citra Merek, Variasi Produk, Motivasi, Minat Berlangganan

Abstract

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 yang mulai mewabah sejak awal 2020 menjadi pukulan keras bagi industri hiburan dunia, termasuk sektor musik. Sebab para musisi, promotor, dan agensi membatalkan tur dan seluruh performa secara langsung. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh citra merek, variasi produk, motivasi terhadap minat membeli layanan streaming musik spotify. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang dipergunakan ialah masyarakat di Banjarnegara dan sekitarnya. Ukuran sampel sebesar 100 responden dengan mempergunakan non purposive sampling. metode pengumpulan dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dengan skala likert. Hasil : Data diuji dengan pengujian validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis statistik deskriptif, uji koefisien determinasi, analisis regresi berganda, uji T, uji F. Hasil uji T dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek, variasi produk, dan motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli layanan streaming musik spotify, dengan kontribusi pengaruh sebesar 41,3%. Kesimpulan : Pengaruh positif signifikan variabel citra merek terhadap minat beli layanan streaming musik spotify.

Downloads

Published

2022-05-14

How to Cite

Febri Kurniyati, D., & Rahmawan, G. . (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berlangganan Music On Demand (Spotify). Jurnal Sosial Dan Sains, 2(5), 586–595. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i5.395