Penerapan Kurikulum Tahfidz di SD Darul Hikam

Authors

  • Irma Noviana Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
  • Selamet Farida Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
  • Putri Dewi Fatimah
  • Elya Umi Hanik Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i7.439

Keywords:

Penerapan, kurikulum, mutu, pendidikan

Abstract

Latar Belakang: Kurikulum menjadi proses perencanaan yang dapat membuat planning kurikulum yang lebih meluas ke semua aspek pendidikan. Proses ini berkaitan dengan pemilihan dan pengorganisasian dalam semua hal komponen situasi belajar melalui serangkaian kegiatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pendidikan yang ada di Sekolah dasar Darul Hikam yang terletak di Bandung. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu keadaan mutu pendidikan yang ada di SD Darul Hikam dengan penerapan program tahfidz untuk menunjang mutu pendidikan yang baik. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini di SD Darul Hikam Bandung. Subjek  Pengumpulan data menggunakan literatur, dokumentasi, observasi, dan teknik analisis data. Hasil: Hasil penelitian ini meliputi keadaan mutu pendidikan di SD Darul Hikam dan penerapan Program Tahfidz di SD Darul Hikam. Kesimpulan: Struktur Kurikulum Darul Hikam dibagi menjadi 3 yaitu: pertama, CoreCurriculum meliputi Islamic Valuse, Qur’an Gen, Karakter Taqwa dan Budaya Berakhlak Berprestasi. Kedua, Main Curriculum meliputi Diknas & IGGSE CambridgeUnivHigh Order Thinking.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Noviana, I., Farida, S., Dewi Fatimah, P., & Umi Hanik, E. (2022). Penerapan Kurikulum Tahfidz di SD Darul Hikam . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(7), 770–778. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i7.439