Penerapan Kurikulum Tahfidz di SD Darul Hikam
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i7.439Keywords:
Penerapan, kurikulum, mutu, pendidikanAbstract
Latar Belakang: Kurikulum menjadi proses perencanaan yang dapat membuat planning kurikulum yang lebih meluas ke semua aspek pendidikan. Proses ini berkaitan dengan pemilihan dan pengorganisasian dalam semua hal komponen situasi belajar melalui serangkaian kegiatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pendidikan yang ada di Sekolah dasar Darul Hikam yang terletak di Bandung. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu keadaan mutu pendidikan yang ada di SD Darul Hikam dengan penerapan program tahfidz untuk menunjang mutu pendidikan yang baik. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini di SD Darul Hikam Bandung. Subjek Pengumpulan data menggunakan literatur, dokumentasi, observasi, dan teknik analisis data. Hasil: Hasil penelitian ini meliputi keadaan mutu pendidikan di SD Darul Hikam dan penerapan Program Tahfidz di SD Darul Hikam. Kesimpulan: Struktur Kurikulum Darul Hikam dibagi menjadi 3 yaitu: pertama, CoreCurriculum meliputi Islamic Valuse, Qur’an Gen, Karakter Taqwa dan Budaya Berakhlak Berprestasi. Kedua, Main Curriculum meliputi Diknas & IGGSE CambridgeUnivHigh Order Thinking.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Irma Noviana, Selamet Farida, Putri Dewi Fatimah, Elya Umi Hanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.