Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Perusahaan Perbankan Skala Kecil Menggunakan Framework Cobit

Main Article Content

Rendra Trisyanto Surya
Program Studi Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Sulistia Suwondo
Program Studi Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Fatmi Hadiani
Program Studi Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
Riauli Susilawaty Hutapea
Program Studi Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia

Latar Belakang: Perkembangan Teknologi Informasi kini menjadi enabler organisasi, termasuk perbankan. Lebih dari 80%, aktivitas perbankan dijalankan  menggunakan teknologi informasi, termasuk  Bank skala kecil dengan dukungan Infrastruktur TI yang sederhana seperti yang berlokasi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di kota Garut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memetakan IT Process penting apa yang harus dikelola dengan baik oleh bank skala kecil terhadap nilai kematangannya saat ini. Termasuk menentukan seberapa besar tingkat kematangan Domain dan keseluruhan menejemen TI Bank Skala Kecil dewasa ini. Metode: Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan menggunakan metode scoring kebentuk data kuantitatif untjuk mengukur 7 buah IT Process yang dipakai dari Framework COBIT, yang dekat dengan kondisi TI pada Bank “X”. Hasil: Hasil dari Audit yang dilakukan dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa Bank “X” yang dijadikan sampel, memiliki Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi keseluruhan Domain sebesar 4,3. Artinya, Menejemen TI secara internal sudah dijalankan dengan Baik (Terkelola dan Terukur). Sudah ada pola tertentu yang dijalankan secara sistematis  dalam mengendalikan  IT Risk dan ganguan yang sedang terjadi (Problems/Incidents) yang mempengaruhi operasionalisasi Bank secara signifikan. Kesimpulan: Berdasarkan hasil audit terhadap Tata Kelola TI pada Bank “X”, diperoleh hasil tingkat kematangan tata kelola keseluruhan pada level 4, yaitu Managed and Measurable dengan skor 4.15. Hasil audit ini meliputi Domain Planning and Organization, Acquaire and Implementation, Delivery and Support dan Monitoring and Evaluation.



Keywords: IT Risk, Tata Kelola TI, IT Process, Tingkat Kematangan