Pengaruh Metode Auditory Intellectually Repetiton (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Kelas IX

Main Article Content

Nurhidayah Khusnul Fitriah
Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran yang berlangsung hanya satu arah yang didominasi oleh guru (Teacher Centered), hal ini menyebabkan  siswa cenderung malas dan acuh, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Audiotory Intellectually Repatition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Cikupa. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Cikupa. Hal ini diketahui dari hasil uji nilai t, yaitu nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,280 dengantaraf signifikansi 5% dan dk = 25+ 24 – 2 = 47 sebesar 1,677 maka thitung > ttable (2,280 > 1,677). Dengan  demikian, hipotesis nol (H0)ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan: Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,1, sedangkan kelas kontrolnilai rata-rata kelasnya adalah 77,8 hal ini dibuktikan dengan uji statistik menggunakan uji-t yaitu diperoleh thitung sebesar 2,280 dan nilai ttabel sebesar 1,677 Karena thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 48 Cikupa pada pelajaran IPA Biologi.



Keywords: Kepatuhan, cuci tangan, beban kerja, motivasi