Pengaruh Metode Auditory Intellectually Repetiton (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i7.446Keywords:
Kepatuhan, cuci tangan, beban kerja, motivasiAbstract
Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran yang berlangsung hanya satu arah yang didominasi oleh guru (Teacher Centered), hal ini menyebabkan siswa cenderung malas dan acuh, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Audiotory Intellectually Repatition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Cikupa. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Cikupa. Hal ini diketahui dari hasil uji nilai t, yaitu nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,280 dengantaraf signifikansi 5% dan dk = 25+ 24 – 2 = 47 sebesar 1,677 maka thitung > ttable (2,280 > 1,677). Dengan demikian, hipotesis nol (H0)ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan: Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,1, sedangkan kelas kontrolnilai rata-rata kelasnya adalah 77,8 hal ini dibuktikan dengan uji statistik menggunakan uji-t yaitu diperoleh thitung sebesar 2,280 dan nilai ttabel sebesar 1,677 Karena thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 48 Cikupa pada pelajaran IPA Biologi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurhidayah Khusnul Fitriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.