Peningkatan Kreatifitas dan Efektifitas Pembelajaran Metode Lemas Gocaz pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nina Dwi Suryani SMA Negeri 1 Porong

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.49

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, LEMAS GOCAZ, Google Classroom, Zoom

Abstract

Peningkatan kasus COVID-19 semakin tak terkendali.  Salah satu upaya pencegahan penyebaran virus tersebut adalah membuat kebijakan pembelajaran jarak jauh. Kebijakan pembelajaran jarak jauh secara tidak langsung telah mengubah paradigma sistem pembelajaran konvensional yang semula tatap muka di kelas kemudian berubah menjadi secara virtual dan tidak bertemu langsung di kelas. SMA Negeri 1 Porong, Sidoarjo merupakan sekolah yang berada di wilayah zona merah, sehingga pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Berdasarkan hasil pengamatan dan data kuisioner tentang keratifitas dan kreatifitas dan efektifitas pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Porong, Sidoarjo menunjukkan bahwa hampir sebagian 90% siswa dan guru bahkan orang tua mengeluh tentang pembelajaran daring. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode LEMAS GOCAZ,Learning Management System Berbasis Google Classroom dan Zoom dalam meningkatkan kreatifitas dan efektifitas pembelajaran.  Validitas Lemas Gocaz sebagai media pembelajaran pada aspek tampilan dinyatakan sangat valid dengan total nilai 91,55%. Kepraktisan penggunaan Lemas Gocaz sebagai media pembelajaran dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan Lemas Gocaz sebagai media pembelajaran secara keseluruhan dengan baik. Ini terlihat dari hasil respon guru yang memperoleh persentase rata-rata 93,15%, dan hasil respon siswa yang memperoleh persentase rata-rata 92,28%. Hal ini menunjukkan Lemas Gocaz sebagai media pembelajaran yang dikembangkan termasuk pada kategori “sangat praktis”.

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Suryani, N. D. (2021). Peningkatan Kreatifitas dan Efektifitas Pembelajaran Metode Lemas Gocaz pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(3), 154–161. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.49