Peningkatan Kreatifitas dan Efektifitas Pembelajaran Metode Lemas Gocaz pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.49Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, LEMAS GOCAZ, Google Classroom, ZoomAbstract
Peningkatan kasus COVID-19 semakin tak terkendali. Salah satu upaya pencegahan penyebaran virus tersebut adalah membuat kebijakan pembelajaran jarak jauh. Kebijakan pembelajaran jarak jauh secara tidak langsung telah mengubah paradigma sistem pembelajaran konvensional yang semula tatap muka di kelas kemudian berubah menjadi secara virtual dan tidak bertemu langsung di kelas. SMA Negeri 1 Porong, Sidoarjo merupakan sekolah yang berada di wilayah zona merah, sehingga pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Berdasarkan hasil pengamatan dan data kuisioner tentang keratifitas dan kreatifitas dan efektifitas pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Porong, Sidoarjo menunjukkan bahwa hampir sebagian 90% siswa dan guru bahkan orang tua mengeluh tentang pembelajaran daring. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode LEMAS GOCAZ, “Learning Management System Berbasis Google Classroom dan Zoom” dalam meningkatkan kreatifitas dan efektifitas pembelajaran. Validitas Lemas Gocaz sebagai media pembelajaran pada aspek tampilan dinyatakan sangat valid dengan total nilai 91,55%. Kepraktisan penggunaan Lemas Gocaz sebagai media pembelajaran dapat dilihat dari keterlaksanaan penggunaan Lemas Gocaz sebagai media pembelajaran secara keseluruhan dengan baik. Ini terlihat dari hasil respon guru yang memperoleh persentase rata-rata 93,15%, dan hasil respon siswa yang memperoleh persentase rata-rata 92,28%. Hal ini menunjukkan Lemas Gocaz sebagai media pembelajaran yang dikembangkan termasuk pada kategori “sangat praktis”.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nina Dwi Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.