Usulan Perbaikan Proses Produksi Plastic Wrap Di Pt. Trimitra Cikarang

Authors

  • Doni Ario Bimo Universitas Pancasila Jakarta
  • Anggina Sandy Sundari Universitas Pancasila Jakarta
  • M. Ilhamsyah Akbar Universitas Pancasila Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i10.494

Keywords:

Industri manufaktur, Plastic, Kualitas

Abstract

Latar Belakang: Penyebab terjadinya cacat produk plastic wrap yaitu berasal dari faktor manusia, mesin, metode serta material yang dikarenakan belum maksimalnya pengendalian kualitas yang dilaksanakan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, untuk mengontrol proses produksi dan mengurangi kesalahan produksi yang disebabkan oleh mesin Strecth Film dengan menggunakan metode Diagram Pareto, Diagram Fishbone, dan 5W1H sangat cocok digunakan pada sistem manajemen mutu untuk jenis perusahaan industri manapu.

Tujuan: Tujuan dari penulisan ini untuk mengidentifikasi jenis defect apa saja yang terjadi dalam proses produksi plastic wrap, serta mengidentifikasi factor – factor penyebab terjadinya defect tersebut.

Metode : Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil diagram fishbone & pareto, penyebaran kuisioner Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dokumentasi, serta data sekunder yang diperoleh dari hasil dari studi maupun mempelajari dari beberapa sumber seperti jurnal, buku,webside yang berhubungan dengan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) ataupun Analisis 5W1H serta data Produk cacat yang di dapatkan dari PT.Trimitra Cikarang.

Hasil : Dari ketiga jenis cacat tersebut, cacat meleleh dan robek yang paling dominan atau sering terjadi yang dimana akan menjadi prioritas untuk dilalkukan perbaikan. Setelah melakukan analisis data menggunakan diagram pareto dalam menentukan jenis apa saja yang menjadi prioritas unutk di cari perbaikannya. Selanjutnya melakukan analisis menggunakan diagram fishbone untuk mengetahui faktor cacat apa saja yang terjadinya pada produk plastic wrap, maka selanjutnya faktor penyebab permasalahan dikerucutkan, Sehingga diketahui akar penyebab berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam produk plastic wrapt dengan cacat meleleh adalah Belum adanya briefing operator baru, Kurangnya komunikasi pada saat pergantiaan shift, Operator mengantuk / lelah, operator terburu-buru, tidak ada sop setting suhu, belum adanya jadwal maintence pada mesin Strecth film, Kurangnya pengecekan bahan baku pada saat datang dari supplier. Sedangkan akar penyebab dari cacat robek adalah kurangnya kesadaran operator terhadap sop yang berlaku, kurangnya instruksi kerja, jumlah operator sedikit, operator terburu-buru, kurangnya Kualitas bahan baku, pendingin pada pencetakan mesin strecth film error, belum adanya jadwal maintence pada mesin Strecth film.

Kesimpulan: Pengolahan data menggunakan diagram pareto yang dimana menggunkana data cacat bulan januari – april 2021 dan di dapatkan 3 jenis cacat yaitu, cacat meleleh ,robek dan bercak warna.

References

Gunawan, Clara Valentina, & Tannady, Hendy. (2016). Analisis Kinerja Proses Dan Identifikasi Cacat Dominan Pada Pembuatan Bag Dengan Metode Statistical Proses Control. Jurnal Teknik Industri, 11(1), 9–14.

Han, Sangdo, Lee, Kyusong, Lee, Donghyeon, & Lee, Gary Geunbae. (2013). Counseling Dialog System With 5w1h Extraction. Proceedings Of The Sigdial 2013 Conference, 349–353.

Purnomo, Hari. (2003). Pengantar Teknik Industri.

Putri, Zhulaydar Esa, Labibah, Nida Khoirun Nahda, Baidlowi, Zulfa Fauziah Irsyada, Sari, Diah Novita, Asmaranti, Kirena Farah, & Abiyasa, Ilham Akbar. (2021). Strategi Penetrasi Pasar Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan E-Commerce Di Indonesia. Jmb: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(1).

Revita, Maria Lapriska Dian Ela, & Agtoviafrimayasa, Aris Kurniawan. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung.

Robecca, Julian, & Pasaribu, Maya Veby Damayanti. (2019). Metode Failure Mode And Effect Analysis Untuk Mengurangi Cacat Produk. Inaque J. Ind. Qual. Eng, 7(2), 117–125.

Santoso, Krestiawan Wibowo, Waluyo, Handoyo Djoko, & Listyorini, Sari. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin Di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 95–105.

Schmittner, Christoph, Gruber, Thomas, Puschner, Peter, & Schoitsch, Erwin. (2014). Security Application Of Failure Mode And Effect Analysis (Fmea). International Conference On Computer Safety, Reliability, And Security, 310–325. Springer.

Sihadi, Intan Purwatianingsih, Pangemanan, Sifrid S., & Gamaliel, Hendrik. (2018). Identifikasi Kendala Dalam Proses Produksi Dan Dampaknya Terhadap Biaya Produksi Pada Ud. Risky. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(04).

Sihombing, Midian Immanuel Sihombing, & Sumartini, Sumartini. (2017). Pengaruh Pengendalian Kualitas Bahan Baku Dan Pengendalian Kualitas Proses Produksi Terhadap Kuantitas Produk Cacat Dan Dampaknya Pada Biaya Kualitas (Cost Of Quality). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 42–49.

Suliswanto, Muhammad Sri Wahyudi. (2016). Tingkat Keterbukaan Ekonomi Di Negara Asean-5. Neo-Bis, 10(1), 33–48.

Tjahjaningsih, Endang. (2016). Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 28(2).

Ulkhaq, M. Mujya, & Rasyida, Dyah R. (2016). Aplikasi Seven Tools Dan Analisis 5w+ 1h Untuk Mengurangi Cacat Produk Galon: Studi Kasus Di Pt. Berlina, Tbk.

Ulum, Miftahul. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001: 2008. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 69–91.

Wahid, Abdul, Munir, Misbah, & Hidayatulloh, Achmad Rofiq. (2020). Analisis Resiko Kecelakaan Kerja Menggunakan Metode Hirarc Pt. Spi. Journal Of Industrial View, 2(2), 45–52.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Ario Bimo, D., Sandy Sundari, A. ., & Akbar, M. I. . (2022). Usulan Perbaikan Proses Produksi Plastic Wrap Di Pt. Trimitra Cikarang . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(10), 1096–1105. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i10.494