Peran Paradiplomasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Promosi Ekspor Produk Pertanian Ke Mesir

Authors

  • Agung Suhabi Putra Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurhasan Affandi Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i10.497

Keywords:

Paradiplomasi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Promosi Ekspor

Abstract

Latar Belakang :  Riset ini menjelaskan Peran Paradiplomasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam mempromosikan ekspor produk pertanian ke Mesir. Konsep yang dipergunakan dalam riset ini adalah Paradiplomasi dan Perdagangan Internasional.

Tujuan: Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui peran paradiplomasi pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam promosi ekspor produk pertanian daerah ke Mesir.

Metode : Metode yang digunakan dalam riset ini adalah descriptive research atau metode deskriptif analisis. Dengan metode tersebut, periset berupaya memaparkan secara jelas berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan.

Hasil : Riset ini menemukan bahwa pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan merupakan wujud dari praktik paradiplomasi tipe global paradiplomacy yang memiliki peran sebagai fasilitator dan mempunyai strategi promosi ekspor ke Mesir seperti personal selling, hubungan masyarakat dengan mengadakan webinar dan pelatihan, serta pameran dagang. Tak hanya itu, pengembangan infrastruktur dan pelayanan menjadi nilai tambah dan daya tarik tersendiri dalam aktifitas ekspor.

Kesimpulan: Melalui konsep global paradiplomacy, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memanfaatkan wewenang otonomi dari pemerintah pusat untuk menjalin relasi perdagangan dan perluasan akses pasar ke Mesir

References

Aliyah, Zulfa. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ekspor Kopi Arabika Pada CV Yudi Putra. UIN Sumatera Utara Medan.

Budiarto, Teguh, & Ciptono, Fandy. (1997). Pemasaran Internasional (pertama). Yogyakarta: BPFE.

Fathun, Laode Muhamad. (2016). Paradiplomasi Menuju Kota Dunia : Studi Kasus Pemerintah Kota Makassar. Indonesian Perspective, 1(1), 75–94.

Firayanti, Yuni. (2018). Strategi Ekspor PT. Aquarium Shrimp Pontianak dalam Memasuki Pasar Global. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Kontemporer, Vol.2 No.

Fitriah, Melina Nur. (2021). Mengapa Tidak Semua Pemerintah Wilayah Di Indonesia Dapat melakukan Paradiplomasi.

Mukti, Takdir Ali. (2013). Paradiplomacy Kerjasama Luar Negeri oleh Pemda di Indonesia. the phinisi press Yogyakarta.

Rusman, Mohamad. (2017). Potensi Sulsel Yang Mendunia.

Silalahi, Kevin Daniel Januari. (2019). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Ekspor Kopi Ke Malaysia. Universitas Sebelas Maret.

Vicri, Rufaida Nurul. (2019). Strategi Indonesi dalam Meningkatkan Kinerja Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) ke Uni Eropa. Universitas Katolik Parahyangan.

Werune, Jemima Juliani. (2020). Strategi Pemerintah Republik Indonesia Dalam Meningkatkan Ekspor Gerbong Kereta Api ke Bangladesh Tahun 2016-2019. Universitas Hasanuddin.

Wolff, Stefan. (2007). Paradiplomacy: scope, opportunities and challenges. The Bologna Center Journal of International Affairs, 10.

Downloads

Published

2022-10-13

How to Cite

Suhabi Putra, A., & Affandi, N. (2022). Peran Paradiplomasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Promosi Ekspor Produk Pertanian Ke Mesir . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(10), 1070–1077. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i10.497