Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah Terhadap Disiplin Belajar PAI dan Prestasi Belajar PAI

Authors

  • Tatang Suherman SMK Negeri 3 Linggabuana Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.50

Keywords:

Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan adalah  tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang tua dan masyarakat. Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah  Terhadap  Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar PAI (Penelitian di Kelas XI SMAN 1 Purwakarta). Permasalahan penelitian untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan  tata tertib sekolah terhadap  disiplin, prestasi, terhadap disiplin dan prestasi, dan hubungan antara disiplin dengan prestasi belajar. Pendekatan  penelitian  kuantitatif  analisis korelasional.  Metode deskriptif  analisis dan survey. Kesimpulan: Tatib   harus betul-betul diterapkan; Efektivitas penerapan tatib sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar; Tatib berpengaruh kepada disiplin belajar, tapi tidak serta merta berpengaruh kepada prestasi belajar, begitu pula sebaliknya; Hubungan antara disiplin dengan prestasi belajar, menunjukkan hubungan searah; bukan hubungan timbal balik, dengan nilai korelasinya  cukup, yakni sebesar 0,299.

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Suherman, T. (2021). Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah Terhadap Disiplin Belajar PAI dan Prestasi Belajar PAI. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(3), 170–188. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.50