Pengaruh Ukuran Dan Efisiensi Operasional Terhadap Nilai Perusahaan Transportasi Dengan Pengungkapan Kinerja Keuangan

Authors

  • Nina Ika Yuli Novianty a:1:{s:5:"en_US";s:60:"Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia ";}
  • Dianwicaksih Arieftiara Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Jubaedah Jubaedah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.526

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Efisiensi Operasional, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, Perusahaan Transportasi

Abstract

Latar Belakang : Dunia diserang Coronavirus Disease (Covid-19) pada Desember 2019 dan ditetapkan sebagai darurat kesehatan internasional yang menyebabkan krisis di seluruh dunia. Kerja sama di segala bidang menurun hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diberhentikan. Banyak sektor perusahaan terdampak, salah satunya sektor transportasi akibat implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak pada pembatasan angkutan umum dan pembatasan kapasitas operasional bisnis.

Tujuan : Kondisi seperti ini, perusahaan mengandalkan aset yang dimiliki untuk melanjutkan proses bisnis melalui diversifikasi usaha dengan keterbatasan operasional yang ditetapkan.

Metode : Penelitian ini  menggunakan metode kuantitatif dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan transportasi  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2020. Teknik pengambilan sampel mengginakan rumus Slovin sehingga diperoleh sebanyak 44 sampel perusahaan transportasi.

Hasil : Hasil penelitian ini bahwa ukuran perusahaan dan efisiensi operasional berpengaruh terhadap kinerja keuangan sedangkan ukuran perusahaan, efisiensi operasional dan kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan serta kinerja keuangan tidak bisa menjadi intervening ukuran perusahaan dan efisiensi operasional terhadap nilai perusahaan.

Kesimpulan: ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja keuangan karena aset yang dimiliki perusahaan dapat digunakan untuk diversifikasi usaha di masa pandemi Covid-19. ukuran perusahaan tidak mempengaruhi nilai perusahaan karena beberapa perusahaan transportasi aset yang dimiliki berupa sewa dimana terdapat kewajiban pembiayaan yang harus dibayar dalam jangka waktu tertentu dan di era modern saat ini perusahaan  transportasi telah mengadopsi konsep sharing economy. kinerja  keuangan tidak  mempengaruhi nilai perusahaan karena pemerintah mendorong investasi dalam proyek infrastruktur untuk memperkuat nasional.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Ika Yuli Novianty, N., Arieftiara, D. ., & Jubaedah, J. (2022). Pengaruh Ukuran Dan Efisiensi Operasional Terhadap Nilai Perusahaan Transportasi Dengan Pengungkapan Kinerja Keuangan . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(11), 1211–1221. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.526