Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.56Keywords:
PBL, Kemampuan pemahaman masalah, PrestasiAbstract
Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru pengajar IPA kemampuan pemahaman masalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 40 Bandung, masih rendah. Selain itu, metode yang sering digunakan guru saat pembelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab dilanjutkan dengan pengerjaan soal-soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksaan pembelajaran IPA Fisika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman masalah siswa materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 40 Bandung yang berjumlah 36 siswa. Peneliti menggunakan skor tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 77,78% atau sebanyak 28 siswa, sedangkan pada siklus II persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 80,56% sebanyak 29 siswa. Menurut ketuntasan pembelajaran yang diterapkan, pelaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 70% siswa mendapat skor minimal 70. Dilihat dari responnya siswa menunjukkan minat yang cukup baik dengan skor 2,78 dan kesungguhan yang baik dengan skor 3,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman masalah siswa kelas VIII D SMP N 40 Bandung.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Syamsiar Wardaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.