Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Syamsiar Wardaini Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.56

Keywords:

PBL, Kemampuan pemahaman masalah, Prestasi

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru pengajar IPA kemampuan pemahaman masalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 40 Bandung, masih rendah. Selain itu, metode yang sering digunakan guru saat pembelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab dilanjutkan dengan pengerjaan soal-soal.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksaan pembelajaran IPA Fisika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman masalah siswa materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 40 Bandung yang berjumlah 36 siswa. Peneliti menggunakan skor tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 77,78% atau sebanyak 28 siswa, sedangkan pada siklus II persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 80,56% sebanyak 29 siswa. Menurut ketuntasan pembelajaran yang diterapkan, pelaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 70% siswa mendapat skor minimal 70. Dilihat dari responnya siswa menunjukkan minat yang cukup baik dengan skor 2,78 dan kesungguhan yang baik dengan skor 3,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman masalah siswa kelas VIII D SMP N 40 Bandung.

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Wardaini, S. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(3), 198–209. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.56