Pengaruh Model Advance Organizer Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menerapkan Ragam Hias di Media Tekstil Susi Sahriati

Authors

  • Susi Sahriati Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.57

Keywords:

Keterampilan melukis, model pembelajaran advance organizer, media tekstil

Abstract

Kenyataan selama mengajar sampai saat ini, menunjukkan  bahwa banyak pemahaman siswa pada pembelajaran seni rupa masih rendah, khususnya aspek ekspresi. Minat dan keterampilan dalam pembelajaran seni rupa dalam mengekspresikan diri sangatlah rendah. Ini mungkin disebabkan karena selama belajar di tingkatan sebelumnya siswa tidak pernah menggunakan media berkarya yang lain selain kertas gambar dan metode atau model yang digunakan oleh guru yaitu metode ceramah dalam proses pembelajaran. Pokok persoalan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana membangun kreativitas, keterampilan melukis pada media tekstil serta respon siswa melalui model pembelajaran Advance Organizer di kelas VII A SMP Negeri 40 Bandung. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa, hasil kegiatan belajar siswa, serta mengetahui respon siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas VII A SMP Negeri 40 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan dan kreativitas melukis siswa meningkat. Respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan positif. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran advance organizer siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa dapat meningkatkan keterampilan menerapkan ragam hias pada media tekstil di Kelas VII A SMP Negeri 40 Bandung

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Sahriati, S. (2021). Pengaruh Model Advance Organizer Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menerapkan Ragam Hias di Media Tekstil Susi Sahriati. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(3), 162–169. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.57