Dampak Krisis Ekonomi Global Terhadap Kondisi Perekonomian di Provinsi Gorontalo

Authors

  • Sugiyarto Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Indonesia
  • Noegroho Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.588

Keywords:

Krisis ekonomi global, perekonomian daerah Gorontalo

Abstract

Latar Belakang : Pandemi Covid-19 berdampak sangat luas terhadap kondisi ekonomi nasiona pada tahun 2020 dan 2021. Perekonomian nasional yang belum sepenuhnya pulih, kembali terdampak akibat perang Rusia-Ukraina yang  mendorong perekonomian global masuk ke dalam  jurang resesi.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak krisis ekonomi global terhadap kondisi perekonomian regional Gorontalo.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan  secondary data analysis dan indepth interview. Penelitian menggunakan cara, langkah, dan prosedur yang lebih melibatkan data dan informasi yang diperoleh dari narasumber. Narasumber terpilih merupakan orang yang kompeten dan ahli di bidangnya. Teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa indicator perekonomian regional Gorontalo telah terdampak krisis ekonomi global, diantaranya pertumbuhan ekonomi melambat, inflasi meningkat, angka ketimpangan kesejahteraan di atas rata-rata nasional, nilai tukar petani menurun, pemutusan hubungan kerja meningkat, investasi tidak berkembang, dan kapasitas fiskal regional Gorontalo mencapai titik terendah dalam lima tahun terakhir.

Kesimpulan: Implikasi penelitian ini adalah perlunya terus mengoptimalkan peran pemerintah dan Bank Indonesia melalui kebijakan fiskal dan moneter.  Kebijakan fiskal melalui belanja APBN dan APBD untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan  mendukung UMKM. Kebijakan moneter untuk medukung stabilitas moneter di regional Gorontalo.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Sugiyarto, S., & Noegroho, N. (2022). Dampak Krisis Ekonomi Global Terhadap Kondisi Perekonomian di Provinsi Gorontalo. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(12), 1257–1266. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.588