Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.595Keywords:
Aktivitas belajar, Hasil belajarAbstract
Latar Belakang : Pendidikan pada dasarnya adalah upaya untuk membawa manusia ke tingkat yang lebih baik, yaitu keberhasilan guru atau pendidik untuk mencapai tujuan mengajar.
Tujuan : Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur Pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Metode : Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 dengan 36 siswa sebagai subjek penelitian.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur pada siswa XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan tahun Pelajaran 2022/2023 . Hal tersebut ditunjukan dengan 1) Aktivitas siswa meningkat setiap siklusnya, pada tahap siklus I aktivitas siswa memperoleh score sebesar score 21 dengan nilai rata-rata sebesar 2.1 dengan presentase nilai seebsar 42% yang masuk pada kategori cukup. Pada siklus II kembali meningkat menjadi aktivitas siswa memperoleh score sebesar 8, dengan rata-rata nilai 3,8.
Kesimpulan: Apabila dipresentasikan mencapai 95%. Rata-rata nilai dan presentasenya menunjukkan kategori sangat baik 2) Hasil belajar siswa pada tahap pra siklus, Siklus I, dan Siklus II mengalami kenaikan hasil belajar. Pada tahap prasiklus yaitu dari 36 siswa XI MIPA 2 yang lulus atau mencapai nilai KKM sebanyak 13 siswa atau 36% sedangkan, siswa yang tidak lulus sebanyak 23 siswa atau 64% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64.71, Selanjutnya siklus I dari 36 siswa XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan terdapat 20 siswa atau 56% telah mencapai nilai KKM 75 atau lulus, sedangkan sebanyak 16 siswa atau 44% tidak mencapai nilai KKM 75 atau tidak lulus dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73.05, dan pada siklus II dari 36 siswa XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan terdapat 30 siswa atau 83% telah mencapai nilai KKM 75 atau lulus, sedangkan 6 siswa atau 17% tidak mencapai nilai KKM 75 atau tidak lulus dengan nilai rata-rata sebesar 80.41.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Nurhaidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.