Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur

Authors

  • Siti Nurhaidah SMAN 1 Babelan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.595

Keywords:

Aktivitas belajar, Hasil belajar

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan pada dasarnya  adalah upaya untuk membawa manusia ke tingkat yang lebih baik, yaitu keberhasilan guru atau pendidik untuk mencapai tujuan mengajar.

Tujuan : Tujuan penelitian untuk untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur Pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Metode : Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 dengan 36 siswa sebagai subjek penelitian.

Hasil : Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa  penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur pada siswa XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan tahun Pelajaran 2022/2023 . Hal tersebut  ditunjukan dengan 1) Aktivitas siswa meningkat setiap siklusnya, pada tahap siklus I aktivitas siswa memperoleh score sebesar score 21 dengan nilai rata-rata sebesar 2.1 dengan presentase nilai seebsar 42% yang masuk pada kategori cukup. Pada siklus II kembali meningkat menjadi aktivitas siswa memperoleh score sebesar 8, dengan rata-rata nilai 3,8.

Kesimpulan: Apabila dipresentasikan mencapai 95%. Rata-rata nilai dan presentasenya menunjukkan kategori sangat baik 2) Hasil belajar siswa pada tahap pra siklus, Siklus I, dan Siklus II mengalami kenaikan hasil belajar. Pada tahap prasiklus yaitu dari 36 siswa XI MIPA 2 yang lulus atau mencapai nilai KKM sebanyak 13 siswa atau 36% sedangkan, siswa yang tidak lulus sebanyak 23 siswa atau 64% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64.71, Selanjutnya siklus I dari 36 siswa XI MIPA 2  SMAN 1 Babelan terdapat 20 siswa atau 56% telah mencapai nilai KKM 75 atau lulus, sedangkan sebanyak 16 siswa atau 44% tidak mencapai nilai KKM 75 atau tidak lulus dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73.05, dan pada siklus II dari 36 siswa XI MIPA 2 SMAN 1 Babelan  terdapat 30 siswa atau 83% telah mencapai nilai KKM 75 atau lulus, sedangkan 6 siswa atau 17% tidak mencapai nilai KKM 75 atau tidak lulus dengan nilai rata-rata sebesar 80.41.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Nurhaidah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(12), 1291–1297. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.595