Pengalaman Bidan dalam memberikan Pertolongan Persalinan pada Ibu Dengan Suspect dan Terkonfirmasi Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.620

Keywords:

Pengalaman, Bidan, Persalinan Pervaginam, COVID-19

Abstract

Latar Belakang : Pada awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan adanya virus baru yaitu coronavirus jenis baru (SARS-CoV-2), penyakitnya disebut Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Virus ini diinformasikan pertama kali berasal dari Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok pada akhir Desember tahun 2019.

Tujuan : Tujuan studi fenomenologi dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi pengalaman bidan yang menolong persalinan pasien suspect dan terkonfirmasi Covid-19.

Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan (design) penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yaitu suatu penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan mengenai pengalaman atau fenomena yang terjadi atau dialami oleh seseorang yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam konteks sosial secara alamiah dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti.

Hasil : Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pengalaman Bidan dalam memberikan pertolongan persalinan pada Ibu dengan suspect dan terkonfirmasi Covid-19 ada beberapa hal menurut informan  yang perlu di evaluasi yaitu ruang pelayanan PONEK, penggunaan delivery chamber, ruang transisi, ruang pelayanan kurang strategis dan komunikasi interprofesional.

Kesimpulan: Kesimpulan yang didapatkan penelitian kualitatif tentang “Pengalaman Bidan dalam Memberikan Pertolongan Persalinan pada Ibu dengan suspect dan terkonfirmasi Covid-19 : Studi Kualitatif Fenomenologi” adalah persepsi bidan, persiapan dalam melakukan pertolongan persalinan, pertolongan persalinan oleh bidan, perubahan adaptasi, sistem pendukung dalam pelayanan, harapan bidan dan evaluasi pelayanan.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Oktavia Harahap, R., Izzati, D. ., & Anang Marhana, I. A. M. (2022). Pengalaman Bidan dalam memberikan Pertolongan Persalinan pada Ibu Dengan Suspect dan Terkonfirmasi Covid-19. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(12), 1338–1351. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.620