Kajian Dampak Keberadaan Kampus terhadap Lingkungan Permukiman Masyarakat di Kota Kupang

Authors

  • Sylvia Mariani Suni Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.692

Keywords:

Dampak, Pemukiman, Pengelolaan sampah

Abstract

Latar Belakang : Kehadiran kampus dapat berdampak pada lingkungan sekitarnya. Studi ini diprakarsai untuk mengevaluasi dampaknya terhadap lingkungan fisik, sosial, dan ekonomi, serta merumuskan cara untuk menangani dampak negatif tersebut. Studi ini didasarkan pada survei di sekitar tiga kampus: dua kampus kesehatan dan satu kampus umum di Kota Kupang.

Tujuan : Tujuan untuk mengambarkan secara sistematik dan akurat tentang fakta-fakta dan karateristik mengenai dampak keberadaan kampus terhadap lingkungan permukiman masyarakat di Kota Kupang.

Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif yaitu bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik dan akurat tentang fakta – fakta dan karateristik mengenai dampak keberadaan kampus terhadap lingkungan permukiman masyarakat di kota Kupang. Komunitas lokal di sekitar kampus didasarkan pada kuesioner terstruktur dan tidak terstruktur.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum keberadaan kampus membawa peningkatan ekonomi masyarakat sekitar yang ditunjukkan dengan adanya kamar dan rumah kontrakan, serta kios dan rumah makan. Dampak negatif terkait dengan pembuangan dan pengelolaan limbah yang buruk.

Kesimpulan: Dalam menangani dampak yang ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat terhadap lingkungan perlu diterapkan konsep bahwa mengubah pola kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah di sembarang tempat. Di mana dalam mengubah kebiasaan tersebut dimulai dari diri sendiri sehingga dapat mempengaruhi individu - individu lain yang masih dengan kebiasaan membuang sampah di sembarang tempat. Meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara memberikan sosialisai mengani bahaya sampah pada lingkungan.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Mariani Suni, S. (2023). Kajian Dampak Keberadaan Kampus terhadap Lingkungan Permukiman Masyarakat di Kota Kupang. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(2), 148–167. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.692