Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.698Keywords:
Aktivitas, Citra, Public RelationAbstract
Latar Belakang : PT. Telkomunikasi atau yang biasa kita kenal sebagai Telkomsel merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang komunikasi dan saat ini menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia tak hanya itu PT. Telkomsel juga menjadi perusahaan terbesar keenam di dunia. Public Relation merupakan bagian penting untuk menjaga citra sebuah perusahaan.
Tujuan : Tujuan public relation sebagai penghubung antara pihak interperusahaan dan pihak pelanggan, dengan tujuan untuk menumbuhkan citra yang baik dari perusahaan terhadap pelanggan. Sehingga agar tercipta citra yang baik terhadap perusahaan itu. PT. Telkomsel mempunyai beberapa aktivitas guna meningkatkan citra yang baik.
Metode : Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data adalah primer dan sekunder.
Hasil : Hasil penelitian Tujuan public relation sebagai penghubung antara pihak interperusahaan dan pihak pelanggan, dengan tujuan untuk menumbuhkan citra yang baik dari perusahaan terhadap pelanggan. Sehingga agar tercipta citra yang baik terhadap perusahaan itu. PT. Telkomsel mempunyai beberapa aktivitas guna meningkatkan citra yang baik. Strategi public relations dalam meningkatkan citra perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk, yaitu: (1) menyusun kegiatan media relations/media partnership. (2) menjalin hubungan yang baik/harmonis dalam perusahaan baik dalam lingkungan perusahaan (publik internal) maupun dengan lingkungan diluar perusahaan (publik eksternal). (3) menerapkan strategi kontrol informasi guna mengendalikan pesan dan informasi terkait perusahaan. Usaha yang dilakukan PT. Telkomsel Tbk dalam menjaga citra perusahaan, yaitu (1) memaksimalkan pelayanan yang baik dan prima kepada konsumen, menyalurkan kepedulian melalui bantuan corporate social responsibility (CSR). (2) mengatasi hambatan yang dihadapi public relations yang berkaitan dengan sumber daya manusia dengan melaksanakan penyuluhan. (3) pemantapan tugas karyawan, guna mencapai visi dan misi perusahaan dalam menjaga citra perusahaan sebagai bagian dari tugas public relations.
Kesimpulan: Kesimpulan bahwa public relation di PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) memiliki peranan dalam melakukan inovasi produk dan jaringan, mendukung seluruh kegiatan yang sifatnya dua arah dengan public sasarannya, memperkenalkan produk, melakukan back up manajemen dan kerjasama kepada pihak terkait. Dalam pelaksanaannya, divisi public relation mmelakukan strategy of publicity dengan melakukan buhungan baik dengan pihak internal dan eksternal, seperti media, pers dan sebagainya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sartika, Ikbal Rachmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.