Pengawasan dan Pengelolaan Retribusi Parkir oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpiang Provinsi Kepuluan Riau
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.718Keywords:
Retribusi Parkir, Dinas Perhubungan Komunikasi, InformatikaAbstract
Latar Beakang : Pembangunan daerah harus secara kreatif dan mampu menciptakan dan meningkatkan sumber pendapatan yang potensial dari jasa perparkiran, salah satu pendapatan daerah. Pengawasan, pengelolaan parkir masih tergolong tidak terkontrol, pendapatan daerah tidak sesuai target, dari parkir yang dikelola oleh pemerintah.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini, pengawasan pengelolaan Retribusi parkir dalam meningkatkan pendapatan daerah. Mc. Farland, memberikan definisi pengawasan (controlling), pengawasan ialah suatu proses dimana pimpinan ingin mengetahui apakah hasil pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh bawahannya sesuai dengan rencana, perintah, tujuan atau kebijaksanaan yang telah ditentukan”.
Metode : Metode pendekatan kualitatif deskriptif, berpikir kritis terhadap situasi, fenomena sosial yang tergambar relevan dengan masalah yang sedang dikaji, proses pelaksanaan tugas dan memecahkan masalah dengan pengawasan pengelolaan retribusi parkir. Pengawasan pengelolaan retribusi parkir oleh daerah pada retribusi parkir jalan umum belum optimal, terdapat Retribusi Parkir, masalah dalam pengelolaan retribusi parkir ditepi jalan umum dan Pendapatan.
Hasil : Daerah kebocoran hasil retribusi sehingga target pendapatan tidak tercapai, masih terdapat pembukaan lahan parkir dan parkir liar yang tidak mau bekerja sama dengan dinas perhubungan, komunikasi dan informarsi Kota Tanjungpinang. Pengawasan akan mendukung dalam meminimalisir penyimpangan dari tujuan kebijakan yang ditetapkan Parking Retribution, sebelumnya.
Kesimpulan: Kesimpulan pengawasan pengelolaan retribusi perlu dilakukan oleh pemerintah daerah dan dikelola dengan baik sehingga berkontribusi terhadap pendapatan daerah. Penyelenggaraan retribusi parkir masih belum maksimal dalam hal pengawasannya, penyebabnya jumlah pengawas yang kurang dari segi kuantitas dan tidak sebanding dengan titik parkir yang ada.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Memo Handa Wandi Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.