Analisis Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Detective Spongebob pada Materi Avertebrata

Authors

  • Titis Perwitasari SMP Negeri 1 Sayung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.720

Keywords:

avertebrata, detective spongebob, keaktifan belajar, media

Abstract

Latar Belakang : Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Sayung sebanyak 32 peserta didik.

Tujuan : Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis keaktifan belajar peserta didik menggunakan media Detective Spongebob pada materi Avertebrata.

Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara terhadap keaktifan belajar peserta didik menggunakan lembar observasi dal lembar wawancara.

Hasil : Hasil yang diporeleh dalam penelitian ini menunjukkan persentase pada indikator mempelajari materi yang terdapat di dalam media sebesar 94% berada pada kategori sangat baik. Persentase pada indikator berdiskusi antara peserta didik dan guru sebesar 78% berada pada kategori cukup baik. Persentase pada indikator berdiskusi antar peserta didik sebesar 91% berada pada kategori sangat baik.

Kesimpulan: Persentase pada indikator menyimpulkan pada materi yang dipelajari sebesar 75% berada pada kategori cukup baik. Persentase pada indikator mengerjakan kuis pada media sebesar 88% berada pada kategori baik. Dapat disimpulkan media detektive Spongebob mampu mendorong keaktifan belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Perwitasari, T. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Detective Spongebob pada Materi Avertebrata. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 338–344. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.720