Pengaruh Persepsi Siswa, Minat Belajar dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Yudi Supriadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Budi Luhur, Jakarta
  • Sulaiman Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Budi Luhur, Jakarta
  • Sumini Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Budi Luhur, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.724

Keywords:

persepsi siswa, minat belajar, lingkungan belajar di sekolah, hasil belajar matematika

Abstract

Latar Belakang : Peningkatan kualitas pendidikan memiliki sasaran pada pengembangan sumber daya manusia dalam menyiapkan diri untuk menghadapai perubahan dan perkembangan aspek kehidupan di masa yang akan datang.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa, minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika di SMAN 17 Kabupaten Tangerang.

Metode : Permasalah yang diangkat peneliti adalah persepsi siswa, minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah serta hasil belajar matematika. Dengan menggunakan ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 17 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 289 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan probability random sampling sehingga didapatkan 134 siswa sebagai sampel penelitian. Data primer yang didapat dari kuesioner persepsi siswa, minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah serta data sekunder berupa nilai raport siswa semester gasal TA 2022/2023 di olah menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan uji-t dan uji F menggunakan alat bantu SPSS versi 25.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa, minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika di SMAN 17 Kabupaten Tangerang.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis dan pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya, maka kesimpulan yang dihasilkan yaitu Hubungan antara  persepsi siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAN 17 Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2022/2023 adalah positif yang berarti pengaruhnya signifikan dan kontribusinya nyata. Berdasarkan tabel distribusi frekuensi sebesar 81,34% berada dalam kategori tinggi dilihat dari berbagai indikator yang dapat mempengaruhi persepsi siswa pada matematika seperti : pemahaman tentang definisi matematika, pemahaman terhadap manfaat dan kegunaan matematika dan perhatian siswa terhadap matematika.

 

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Supriadi, Y., Sulaiman, S., & Sumini , S. . (2023). Pengaruh Persepsi Siswa, Minat Belajar dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 357–374. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.724