Pengaruh Persepsi Siswa, Minat Belajar dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.724Keywords:
persepsi siswa, minat belajar, lingkungan belajar di sekolah, hasil belajar matematikaAbstract
Latar Belakang : Peningkatan kualitas pendidikan memiliki sasaran pada pengembangan sumber daya manusia dalam menyiapkan diri untuk menghadapai perubahan dan perkembangan aspek kehidupan di masa yang akan datang.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa, minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika di SMAN 17 Kabupaten Tangerang.
Metode : Permasalah yang diangkat peneliti adalah persepsi siswa, minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah serta hasil belajar matematika. Dengan menggunakan ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 17 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 289 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan probability random sampling sehingga didapatkan 134 siswa sebagai sampel penelitian. Data primer yang didapat dari kuesioner persepsi siswa, minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah serta data sekunder berupa nilai raport siswa semester gasal TA 2022/2023 di olah menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan uji-t dan uji F menggunakan alat bantu SPSS versi 25.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa, minat belajar dan lingkungan belajar di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika di SMAN 17 Kabupaten Tangerang.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis dan pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya, maka kesimpulan yang dihasilkan yaitu Hubungan antara persepsi siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAN 17 Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2022/2023 adalah positif yang berarti pengaruhnya signifikan dan kontribusinya nyata. Berdasarkan tabel distribusi frekuensi sebesar 81,34% berada dalam kategori tinggi dilihat dari berbagai indikator yang dapat mempengaruhi persepsi siswa pada matematika seperti : pemahaman tentang definisi matematika, pemahaman terhadap manfaat dan kegunaan matematika dan perhatian siswa terhadap matematika.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yudi Supriadi, Sulaiman , Sumini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.