Pengaruh Shift Work, Work Overload, dan Work Life Balance terhadap Job Performance dengan Time Management

Authors

  • Fera Septyani Hobby Sarbarita Yogata Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Yolanda Kaslina Purba Universitas Budi Luhur
  • Ray Rekci Jonatan Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.729

Keywords:

kerja shift, kelebihan beban kerja, keseimbangan kehidupan kerja, kinerja pekerjaan, manajemen waktu

Abstract

Latar Belakang : Indonesia merupakan negara kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM). Perkembangan pada segala bidang merupakan tujuan dan sasaran pemerintah negara Republik Indonesia. Sejalan dengan pembagunan pada segala bidang, salah satu hal potensial yang patut mendapatkan penanganan sungguh-sungguh adalah sektor pariwisata. Berdasarkan UU RI No. 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, pariwisata adalah berbagai macam kegiatan atau aktivitas wisata yang didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Shift Work, Work Overload, Work Life Balance terhadap Job Performance dengan Time Management sebagai variabel moderator pada salah satu hotel di Jawa Barat.

Metode : Penelitian ini memiliki populasi terbatas yaitu karyawan bidang operasional salah satu hotel di Jawa Barat. Sampel berjumlah 50 orang dengan metode sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat analisis data SmartPLS 4.0.

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari Shift Work terhadap Job Performance. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Time Management terhadap Job Performance. Sedangkan tidak terdapat pengaruh signifikan antara Work Overload dan Work Life Balance terhadap Job Performance secara parsial. Time Management memiliki efek moderasi kuat yang memperlemah pengaruh Shift Work terhadap Job Performance. Tidak terbukti bahwa Time Management memoderasi pengaruh Work Overload terhadap Job Performance dan tidak terbukti bahwa Time Management memoderasi pengaruh Work Life Balance terhadap Job Performance.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu Shift work berpengaruh negatif dan signifikan terhadap job performance Karyawan Hotel ABC di Jawa Barat. Artinya, jika variabel shift work mengalami peningkatan satu tingkat, maka sebaliknya variabel job performance mengalami penurunan satu tingkat. Shift work berpengaruh terhadap menurunnya job performance karyawan karena fenomena ketidakteraturan pola tidur karyawan mengakibatakan kelelahan.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Septyani Hobby Sarbarita Yogata, F., Kaslina Purba, Y., & Rekci Jonatan, R. (2023). Pengaruh Shift Work, Work Overload, dan Work Life Balance terhadap Job Performance dengan Time Management. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 398–417. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.729