Ukuran Perusahaan, Transaksi Hubungan Istimewa, dan Struktur Modal Perusahaan terhadap Agresivitas Penerimaan Pajak

Authors

  • Fitri Dwi Rachmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yolanda Kaslina Purba Universitas Budi Luhur
  • Ray Rekci Jonatan Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.735

Keywords:

agresivitas penerimaan pajak, ukuran perusahaan, transaksi hubungan istimewa, struktur modal perusahaan

Abstract

Latar Belakang : Tujuan utama dari suatu perusahaan adalah mendapatkan keuntungan dan memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham atau investor dengan cara meminimalkan pembayaran pajak sekecil mungkin untuk memperoleh laba yang maksimal.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Ukuran Perusahaan, Transaksi Hubungan Istimewa, dan Struktur Modal Perusahaan secara parsial dan simultan terhadap Agresivitas Penerimaan Pajak pada Perusahaan Property  & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021.

Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari website resmi www.idx.co.id. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang digunakan penulis sebanyak 20 perusahaan property & real estate yang terdaftar di BEI. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Smart-PLS yang merupakan salah satu bidang kajian statistik yang dapat menguji rangkaian hubungan yang biasanya sulit untuk diukur secara bersamaan. Riset terdahulu atau riset yang relevan sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan penomena hubungan atau pengaruh antar variable. Artikel ini mereview faktor-faktor yang memengaruhi agresivitas penerimaan pajak, yaitu Ukuran Perusahaan, Transaksi Hubungan Istimewa dan Struktur Modal Perusahaan, suatu studi literature perpajakan.

Hasil : Untuk meningkatkan agresivitas pajak dengan memperhatikan ukuran perusahaan, maka yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah mempertimbangkan total asset, dimana perusahaan yang memiliki total asset relative lebih besar cenderung mengalami keuntungan, sehingga pihak perusahaan berusaha untuk meminimalkan kebutuhn pajaknya

Kesimpulan: Kesimpulan artikel ini guna membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Hasil artikel literature review ini adalah:  1) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas penerimaan pajak; 2) transaksi hubungan istimewa berpengaruh terhadap agresivitas penerimaan pajak; dan 3) struktur modal perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas penerimaan pajak.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Dwi Rachmawati, F., Kaslina Purba, Y. ., & Rekci Jonatan , R. (2023). Ukuran Perusahaan, Transaksi Hubungan Istimewa, dan Struktur Modal Perusahaan terhadap Agresivitas Penerimaan Pajak. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 418–424. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.735