Pembelajaran Kooperatif Tipe Sal dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII I

Authors

  • Nurcipto SMP Negeri 2 Demak

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.737

Keywords:

aktivitas, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe sal (students active learning)

Abstract

Latar Belakang : In Social Sciences learning (IPS), which has been implemented so far, it places more emphasis on students writing down material in books and then memorizing it. This makes the material easy to memorize and easy to forget.

Tujuan : Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1)  mengetahui apa itu pembelajaran kooperatif tipe SAL (Students Active Learning) dan  2) bagaimana dalam meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Materi Keragaman Sosial     dan Budaya Indonesia Menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe SAL.

Metode : Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  (Student Active Learning).  Instrumen aktivitas peserta didik berdasarkan pada: 1) penyajian kelas, 2) Diskusi kelompok, 3)  Presentasi Kelompok, 4)  Kuis/tanya jawab, dan  5)  Kesimpulan. Instrumen hasil belajar berdasarkan  hasil postes siklus I dan siklus II. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (class action research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus teridiri dari  Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.

Hasil : Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL dapat Meningkatkan Aktivitas  dan  Hasil Belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Peserta didik Kelas VII I SMP Negeri 2 Demak. Hasil Penelitian pada siklus I aktivitas peserta didik dari 82,73% naik pada siklus II menjadi 92,05%, naik 9,32%.  Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, peserta didik yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 peserta didik atau 63,33% sedangkan pada siklus II naik menjadi 26 peserta didik atau 86,67%, mengalami peningkatan sebesar 23,34%.

Kesimpulan: Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL yang lebih menarik dan bervariasi.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Nurcipto, N. (2023). Pembelajaran Kooperatif Tipe Sal dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII I. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 440–449. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.737