Pembelajaran Kooperatif Tipe Sal dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII I
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.737Keywords:
aktivitas, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe sal (students active learning)Abstract
Latar Belakang : In Social Sciences learning (IPS), which has been implemented so far, it places more emphasis on students writing down material in books and then memorizing it. This makes the material easy to memorize and easy to forget.
Tujuan : Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui apa itu pembelajaran kooperatif tipe SAL (Students Active Learning) dan 2) bagaimana dalam meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe SAL.
Metode : Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe SAL (Student Active Learning). Instrumen aktivitas peserta didik berdasarkan pada: 1) penyajian kelas, 2) Diskusi kelompok, 3) Presentasi Kelompok, 4) Kuis/tanya jawab, dan 5) Kesimpulan. Instrumen hasil belajar berdasarkan hasil postes siklus I dan siklus II. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (class action research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus teridiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Peserta didik Kelas VII I SMP Negeri 2 Demak. Hasil Penelitian pada siklus I aktivitas peserta didik dari 82,73% naik pada siklus II menjadi 92,05%, naik 9,32%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, peserta didik yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 peserta didik atau 63,33% sedangkan pada siklus II naik menjadi 26 peserta didik atau 86,67%, mengalami peningkatan sebesar 23,34%.
Kesimpulan: Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL yang lebih menarik dan bervariasi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurcipto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.