Dampak Pembelajaran Online terhadap Motivasi Belajar Siswa: Sebuah Studi Empiris

Authors

  • Wistina Seneru Buddhist Communication Science Department, Jinarakkhita Buddhist College

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.751

Keywords:

motivasi belajar siswa

Abstract

Latar Belakang : Proses pembelajaran melibatkan interaksi antara pendidik, peserta didik, teman sekelas, atau orang lain dengan tujuan mencapai hasil belajar yang maksimal. Agar efektif, interaksi antara guru dan peserta didik harus optimal, sehingga pendidik perlu memiliki kemampuan dan keahlian tertentu untuk menciptakan suasana kelas yang mendorong pembelajaran yang efektif.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pendidik memperbaiki dan memfasilitasi pembelajaran online yang efektif dan membangkitkan motivasi belajar peserta didik.

Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer yang dikumpulkan berbentuk kata-kata atau gambar dan hasil penelitian bersifat deskriptif.

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online berdampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik . Kualitas konten pembelajaran, kemudahan akses, dan kepuasan peserta didik terhadap pengalaman pembelajaran online adalah faktor penting yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta didik.

Kesimpulan: Salah satu implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya institusi pendidikan untuk memperhatikan kualitas konten pembelajaran online dan memastikan bahwa peserta didik  merasa puas dengan pengalaman pembelajaran online. Selain itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan kemudahan akses peserta didik  terhadap pembelajaran online.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146.

Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologis Siswa Kelas XI IPA SMA I Pangkalan Kerinci Riau. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.

Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781–790.

Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 1(1), 5–12.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

HM, M. A. (2019). Menciptakan pembelajaran efektif melalui hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469–480.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Fundamentals of Qualitative Data Analysis In Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (pp. 69–104). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.[Google Scholar].

Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif, ed. 33, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265– 276.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135.

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Triyono, T. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ombak. Wibowo, D. C., Deta, Y., & Dores, O. J. (2020). Efektivitas belajar dari rumah di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian

Pendidikan Dasar, 6(2), 228–241.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Seneru, W. (2023). Dampak Pembelajaran Online terhadap Motivasi Belajar Siswa: Sebuah Studi Empiris. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(5), 470–476. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.751