Analisis Kehandalan Global Server Load Balancing dengan Algoritma Fixed Weighting

Authors

  • Sinurat Ukuh Patuh Panindih Universitas Kristen Satya Wacana
  • Wiwin Sulistyo Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.754

Keywords:

global server load balancing, algoritma fixed weighting

Abstract

Latar Belakang : Dalam menyediakan layanan sistem komputasi dengan skala besar dan didistribusikan di seluruh dunia, maka terdapat beberapa variabel yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam menjalankan suatu bisnis yang berkesinambungan untuk dapat diakses oleh pengguna darimanapun dan kapanpun.

Tujuan : Tujuan dengan mekanisme Global Server Load Balancing (GSLB) memberikan kendali penuh dalam layanan pengiriman suatu aplikasi dan memastikan pengguna internet yang akan mengakses suatu aplikasi diarahkan menuju pusat data yang tepat sesuai letak geografis.

Metode : Penelitian ini mengangkat topik bahasan mengenai analisis kehandalan dari Global Server Load Balancing (GSLB) dengan metode yang digunakan dalam penelitiannya menggunakan metode eksperimental yang terbagi menjadi beberapa tahapan.

Hasil : Penelitian ini menghasilkan output berupa analisis dari tahapan yang telah dilakukan terhadap kehandalan dari mekanisme Global Server Load Balancing (GSLB) dengan hasil yang telah didapatkan berupa ketersediaan sistem yang dapat mencapai nilai 98.51%, 1.55 secs pada response time, dan sebesar 4% pada failed transaction.

Kesimpulan: Kesimpulan mengenai kehandalan dari metode Global Server Load Balancing (GSLB). Mengacu pada nilai availability yang dihasilkan, parameter availability dikategorikan dalam system yang mendapat service level agreement untuk downtime sebesar  5 hari 9 jam 32 menit 17 detik per tahunnya. Pada parameter response time dilakukan pembanding dengan parameter failed transaction dapat dikatakan cukup untuk menerima request dari client ketika dilakukan peralihan server dari main site ke DR site.

References

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Arioen, R., Ahmaludin, A., Junaidi, J., Indriyani, I., & Wisnaningsih, W. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian.

Azis, N. (2021). Perbandingan dan Prediksi Kelulusan Mahasiswa Dengan Weka. Cornwell, J. C., Kemp, W. M., & Kana, T. M. (1999). Denitrification in coastal

ecosystems: methods, environmental controls, and ecosystem level controls, a review. Aquatic Ecology, 33, 41–54.

Gajbhiye, A., & Singh, D. S. (2017). Global Server Load Balancing with Networked Load Balancers for Geographically Distributed Cloud Data-Centres. International Journal of Computer Science and Network, 682–688.

Kopparapu, C. (2002). Load balancing servers, firewalls, and caches. John Wiley & Sons.

MacLean, K. A., Ferrer, E., Aichele, S. R., Bridwell, D. A., Zanesco, A. P., Jacobs, T. L., King, B. G., Rosenberg, E. L., Sahdra, B. K., & Shaver, P. R. (2010). Intensive meditation training improves perceptual discrimination and sustained attention. Psychological Science, 21(6), 829–839.

MacVittie, L. (2012). White Paper—Cloud Balancing: The Evolution of Global Server Load Balancing. F5 Networks.

Muhammad, M., & Hasan, I. (2016). Analisa Dan Pengembangan Jaringan Wireless

Berbasis Mikrotik Router Os V. 5.20 Di Sekolah Dasar Negeri 24 Palu. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 10–19.

Neumann, J. C. (2015). The book of GNS3: build virtual network labs using Cisco, Juniper, and more. No Starch Press.

Paryanti, A. B., & Marzuki, R. A. (2019). Manajemen Keandalan Dan Ketersediaan Sistem Dengan Metode Gslb (Global Server Load Balancing). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 55– 62.

PURBA, R. (2017). Pembuatan Alat Monitoring Arus Dan Tegangan Berbasis Arduino Uno Melalui Lcd Dan Desktop Client Pada Pltb 500 W. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Suryani, N. K., & FoEh, J. E. H. J. (2018). Kinerja organisasi. Deepublish.

Susila, L. (2021). Pengaruh Metode Latihan High Intensity Interval Training (HIIT) dalam Meningkatkan Power Otot Tungkai dan kelincahan pada Permainan Bola Voli. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3),

–238.

Tiatama, A. (2016). Perencanaan Tata Kelola Manajemen Keamanan Informasi

Menggunakan Information Technology Infrastructure Library (Itil) V3. Pada D~ Net Surabaya. Pada D~ Net Surabaya.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

c, S., & Sulistyo, W. (2023). Analisis Kehandalan Global Server Load Balancing dengan Algoritma Fixed Weighting. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(5), 477–482. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.754