Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi

Authors

  • Elny Sinaga Fakultas Ekonomi, Universitas Advent Indonesia
  • Harlyn L. Siagian Fakultas Ekonomi, Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.758

Keywords:

beban pajak, manajemen laba, perencanaan pajak

Abstract

Latar Beakang: Dewasa ini, perusahaan menyambangi persaingan pesat untuk bertahan dipasar global, terutama perusahaan perdagangan,jasa dan investasi. Hal ini berarti perusahaan perdagangan, jasa dan investasi merupakan industri bekapasitas untuk menggerakkan per-ekonomian Indonesia.

Tujuan: Penelitian ini dilakukan yang bertujuan menguji apakah Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak berpengaruh terhadap Manajemen Laba Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021.

Metode: Sebanyak 144 sampel digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode pengujian hipotesis Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Logistik dengan bantuan SPSS versi 26.

Hasil: Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap manajemen laba.

Kesimpulan: Dari penelitian yang berjudul pengaruh beban pajak tangguhan dan perencanaan pajak terhadap manajemen labal padal perusahaan perdagangan, jasa dan investasi tahun 2019-2021, dengan 48 perusahaan (144 sampel), dapat disimpulkan bahwa beban pajak tangguhan (dte) tidak mempunyai pengaruh negatif terhadap manajemen laba (sec), perencanaan pajak (trr) tidak mempunyali pengaruh negatif terhadap manajemen laba (sec), dan berdasarkan pengujian yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan beban pajak dan perencanaan pajak secara bersamaan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap manajemen laba.

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Sinaga, E., & L. Siagian, H. . (2023). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi . Jurnal Sosial Dan Sains, 3(5), 459–469. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.758