Konsep Adab Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i4.76Keywords:
Ilmu pengetahuan, Adab, IslamAbstract
Akal pikiran merupakan elemen abstrak dalam diri manusia yang menyebabkan terbedakannya manusia dengan makhluk yang lainnya. Sebab, akal pikiran membawa manusia kepada pengetahuan tentang nilai baik dan buruk serta pengetahuan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mengkaji secara kritis konsep adab pemikiran Islam KH. Hasyim Asy'ari tentang adab pendidikan Islam yang tertuang dalam karyanya yang berjudul kitab adab Al-Alim wa Al-Muta'alim, serta mengkomparasikannya dengan pemikiran-pemikiran para tokoh yang lainnya, seperti dari kitab Ta'lim Al-Muta'alim Thariq Al-Ta'allum karya Imam Al-Zarnuzy. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, dengan demikian maka penelitian ini tidak mengadakan perhitungan. Hasil penelitian ini menyimpulkan menurut KH. Hasyim Asy'ari dalam pendidikan Islam terdapat beberapa adab yang perlu dilalui baik oleh guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan menurut KH. Hasyim Asy'ari dalam pendidikan Islam terdapat beberapa adab yang perlu dilalui baik oleh guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dan KH. Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa setiap guru dan siswa diharapkan dapat merefleksikan adab pendidikan Islam dalam kehidupan mereka, yaitu ketika dan setelah melakukan proses pendidikan. Adab tersebut sangat memengaruhi keberhasilan proses pembelajaran bagi guru dan siswa. Lebih lanjut KH. Hasyim Asy'ari mengarahkan guru dan siswa tidak hanya pada keberhasilan proses transformasi ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga keberhasilan dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan yang telah tertransformasikan tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka implikasi hasil penelitian ini adalah menerapkan adab pendidikan Islam dalam proses pembelajaran.Published
2021-04-20
How to Cite
Khodijah, S. (2021). Konsep Adab Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari . Jurnal Sosial Dan Sains, 1(4), 332–344. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i4.76
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Siti Khodijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.