Hubungan Jarak Kos dengan IPK Mahasiswa Pendidikan Geografi di Universitas Pendidikan Indonesia

Authors

  • Amelia Karin Octaviana a:1:{s:5:"en_US";s:33:"Universitas Pendidikan Indonesia ";}
  • Azhari Wulan Agustin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hanifah Nur Taqiyyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salman Naufal Almubarraq Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tsurayya Syifa Zahira Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.794

Keywords:

asrama, indeks prestasi kumulatif (ipk), jarak

Abstract

Latar Beakang : Studi saat ini melihat hubungan antara jarak dewan dan IPK mahasiswa pendidikan geografi di perguruan tinggi pendidikan di Indonesia.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan dan efek yang dirasakan siswa tentang jarak antara rumah kos dan tingkat IPK mereka saat ini.

Metode : Peneliti menggunakan strategi kuantitatif dalam investigasi ini, mengumpulkan data melalui kuesioner melalui platform Google Forms. Sampel dan populasi penelitian ini adalah sepuluh mahasiswa pendidikan geografi dari perguruan tinggi pendidikan Indonesia tahun ajaran 2019–2022.

Hasil : Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, terdapat keterkaitan antara jarak kost dengan IPK mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Pendidikan Indonesia, karena berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa.

Kesimpulan: kesimpulan yakni diantaranya Sebagian mahasiswa yang tinggal di kosan dengan jarak ke kampus lebih dari 1 kilometer mengalami pengaruh terhadap nilai IPK nya, namun pengaruhnya tidak mengkhawatirkan. Standar rata-rata IPK mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Pendidikan Indonesia pada angkatan 2019 – 2022 masih berada pada kisaran angka 3, yang mana aman karena berada diatas standar minimal yang ditentukan. Mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Pendidikan Indonesia memiliki cara tersendiri dalam mengatasi segala kendala yang dialami terkait jarak dan perjalanan dari kosan ke kampus. Terdapat hubungan antara jarak kos dengan IPK mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Pendidikan Indonesia, yakni karena adanya pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Karin Octaviana, A., Wulan Agustin, A., Nur Taqiyyah, H., Naufal Almubarraq, S., & Syifa Zahira , T. (2023). Hubungan Jarak Kos dengan IPK Mahasiswa Pendidikan Geografi di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(5), 538–546. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.794