Hubungan Jarak Kos dengan IPK Mahasiswa Pendidikan Geografi di Universitas Pendidikan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.794Keywords:
asrama, indeks prestasi kumulatif (ipk), jarakAbstract
Latar Beakang : Studi saat ini melihat hubungan antara jarak dewan dan IPK mahasiswa pendidikan geografi di perguruan tinggi pendidikan di Indonesia.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan dan efek yang dirasakan siswa tentang jarak antara rumah kos dan tingkat IPK mereka saat ini.
Metode : Peneliti menggunakan strategi kuantitatif dalam investigasi ini, mengumpulkan data melalui kuesioner melalui platform Google Forms. Sampel dan populasi penelitian ini adalah sepuluh mahasiswa pendidikan geografi dari perguruan tinggi pendidikan Indonesia tahun ajaran 2019–2022.
Hasil : Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, terdapat keterkaitan antara jarak kost dengan IPK mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Pendidikan Indonesia, karena berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Kesimpulan: kesimpulan yakni diantaranya Sebagian mahasiswa yang tinggal di kosan dengan jarak ke kampus lebih dari 1 kilometer mengalami pengaruh terhadap nilai IPK nya, namun pengaruhnya tidak mengkhawatirkan. Standar rata-rata IPK mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Pendidikan Indonesia pada angkatan 2019 – 2022 masih berada pada kisaran angka 3, yang mana aman karena berada diatas standar minimal yang ditentukan. Mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Pendidikan Indonesia memiliki cara tersendiri dalam mengatasi segala kendala yang dialami terkait jarak dan perjalanan dari kosan ke kampus. Terdapat hubungan antara jarak kos dengan IPK mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Pendidikan Indonesia, yakni karena adanya pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amelia Karin Octaviana, Azhari Wulan Agustin, Hanifah Nur Taqiyyah, Salman Naufal Almubarraq, Tsurayya Syifa Zahira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.