Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Behavioral Intention Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i6.805Keywords:
motivasi belajar siswa, pembelajaran daringAbstract
Latar Belakang : Proses pembelajaran melibatkan interaksi antara pendidik, peserta didik, teman sekelas, atau orang lain dengan tujuan mencapai hasil belajar yang maksimal. Agar efektif, interaksi antara guru dan peserta didik harus optimal, sehingga pendidik perlu memiliki kemampuan dan keahlian tertentu untuk menciptakan suasana kelas yang mendorong pembelajaran yang efektif.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran daring dan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pendekatan studi kasus kualitatif digunakan dengan menggunakan metode penelitian lapangan seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Metode: Analisis data melibatkan pengumpulan, pengurangan, penyajian, dan verifikasi data, dengan validitas data diperiksa menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan metode.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring belum sepenuhnya efektif karena berbagai faktor penghambat, dan motivasi belajar siswa masih belum optimal.
Kesimpulan: Kesimpulan yaitu salah satu implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya institusi pendidikan untuk memperhatikan kualitas konten pembelajaran online dan memastikan bahwa peserta didik merasa puas dengan pengalaman pembelajaran online.
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146.
Ariati, J. (2017). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologis Siswa Kelas XI IPA SMA I Pangkalan Kerinci Riau. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.
Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781–790.
Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 1(1), 5–12.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
HM, M. A. (2019). Menciptakan pembelajaran efektif melalui hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469–480.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Fundamentals of Qualitative Data Analysis In Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (pp. 69–104). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.[Google Scholar].
Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif, ed. 33, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135.
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Triyono, T. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ombak.
Wibowo, D. C., Deta, Y., & Dores, O. J. (2020). Efektivitas belajar dari rumah di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 228–241.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Annisa Denaputri, Christian Wiradendi Wolor, Rizki Firdausi Rachmadania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.