Pengembangan Media Pembelajaran PowToon dalam Menulis Teks Deskripsi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Renatalia Triningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurrozzi Fahrurrozzi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i6.856

Keywords:

Media Pembelajaran; Powton; Menulis; Teks Deskripsi; Bahasa Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Keterampilan menulis disebut juga sebagai keterampilan paling akhir dalam aspek keterampilan dari pelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan menulis ini adalah keterampilan yang paling akhir setelah membaca, menyimak, dan mendengarkan. Sehingga menulis teks deskripsi merupakan salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa. Oleh sebab itu, diperlukan alternatif lain agar pembelajaran bahasa Indonesia lebih menyenangkan seperti penggunaan media PowToon.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowToon dalam menulis teks deskripsi pada pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. pertama.

Metode: Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui teknik dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Selain data hasil studi pendahuluan, data angket yang berkaitan dengan dengan validasi produk juga dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. SPSS 25.

Hasil: media pembelajaran berbasis PowToon valid sesuai pendapat dari para ahli, dan praktis dalam penerapannya dan memiliki efek yang sangat baik dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dalam menulis teks deskripsi pada pelajaran bahasa Indonesia.

Kesimpulan : Media pembelajaran PowToon yang dikembangkan dalam penelitian ini sangat praktis dan memiliki efek yang sangat potensial dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

References

Andayani, M. P. (2015). Problema dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Deepublish.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Arnold, R. B. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi powtoon pada mata pelajaran pelayanan penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3).

Bryer, T. A., & Seigler, D. (2012). Theoretical and instrumental rationales of student empowerment through social and web-based technologies. Journal of Public Affairs Education, 18(3), 429–448.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Gava Media.

Davidson, C. N., & Goldberg, D. T. (2009). The future of learning institutions in a digital age. The MIT press.

El Faisal, E., & Sulkipani, S. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 113–126.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2014). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: Redaksi Refika Aditama.

Gani, R. A. (2014). Suka Berbahasa Indonesia. Referensi.

Hermanto, & Sutarsih, W. A. (2019). Pengembangan Rancangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Teks Prosedur Kelas VII di SMP Negeri 3. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Nana, S. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional technology and media for learning. Pearson Merrill Prentice Hall Upper Saddle River.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai suatu keterampilan berbahasa.

Trawoco, K. F., Suryanto, E., & Hastuti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Model Example Non-Example pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA, 4(2), 113–127.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Triningsih, R., Utami, N. C. M., & Fahrurrozzi, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PowToon dalam Menulis Teks Deskripsi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(6), 644–652. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i6.856