Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit, dan Penerapan IFRS Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan

Authors

  • Sri Ayem Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Agustina Ayu Wulandari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.918

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit; IFRS; Keterlambatan Laporan Keuangan; Bursa Efek Indonesia (BEI)

Abstract

Latar Belakang: Laporan keuangan memiliki peran yang penting dalam pertanggungjawaban perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Saat menyampaikan laporan keuangan, ukuran perusahaan juga menjadi faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian. Semakin besar ukuran perusahaan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan laporan keuangan, yang dapat memengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit, dan penerapan IFRS terhadap keterlambatan penyampaian laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode tahun 2018-2021.

Metode: Sampel penelitian terdiri dari perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik dokumentasi, di mana data dikumpulkan melalui studi dan penggunaan laporan keuangan yang diterbitkan oleh pihak emiten.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Namun, kualitas audit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Sementara itu, penerapan IFRS tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, karena nilai data penerapan IFRS konstan atau sama.

 Kesimpulan: Ukuran perusahaan dan kualitas audit memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Namun, penerapan IFRS tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

References

Adiatma, Y. R. (2017). Pengaruh Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Ketepatanwaktu Pelaporan Keuangan. STIE Perbanas Surabaya.

Andini, H. W. (2016). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Bakrie University.

Aprilia, R., & Ngumar, S. (2017). Pengaruh Penerapan International Financial Reporting Standard Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(6).

Avianto, B., & Hasnawati, H. (2022). Pengaruh accounting comparability, environmental responsibility, cash ratio dan dividend yield terhadap earnings persistence. Jurnal Sosial Teknologi, 2(9), 757-764.

Fitria, A. (2021). Pengaruh Penerapan IFRS, Kualitas Auditor, Ukuran Perusahaan, Solvabilitas Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 36–49.

Jayanti, F. D. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, kualitas audit dan profitabilitas terhadap ketepatan penyampaian laporan keuangan. Jurnal Akuntansi, 14(1), 26–33.

Margaretta, S., & Soepriyanto, G. (2012). Penerapan IFRS dan pengaruhnya terhadap keterlambatan penyampaian laporan keuangan: Studi empiris perusahana manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2010. Binus Business Review, 3(2), 993–1009.

Nurhasanah, N., Husaini, H., & Meldawati, Y. (2022). The Effect of Audit Opinion, Solvency and Profitability on Audit Delay in Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Management Research and Behavior Journal, 2(2), 68–72.

Serli, S. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Hutang, Profitabilitas Perusahaan, dan Corporate Governance Terhadap Manajemen Pajak pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017–2019/Serli/30179061/Pembimbing: Sugi Suhartono.

Siregar, Y., & Elissabeth, D. M. (2018). Pengaruh Audit Tenure, Reputasi Auditor, Spesialisasi Audit, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas Audit pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah Simantek, 2(3).

Triyani, Y., & Prasetyo, A. (2020). Kajian Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Akuntansi, 9(2), 48–72.

Valentina, I., & Gayatri, G. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Kepemilikan, Leverage, dan Umur Perusahaan pada Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 22(1), 572–594.

Wijayanti, A., Wijayanti, A., & Samrotun, Y. C. (2016). Pengaruh karakteristik perusahaan, GCG dan CSR terhadap penghindaran pajak.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Ayem, S., & Wulandari, A. A. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit, dan Penerapan IFRS Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(7), 724–732. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.918