Evaluasi Kualitas Website Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Tengah dengan Menggunakan Webqual 4.0

Authors

  • Aditya Maulana Akbar STMIK Lombok

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.919

Keywords:

website; website DPRD KAB. LOTENG; webqual

Abstract

Latar Belakang: Evaluasi kualitas website DPRD Kabupaten Lombok Tengah merupakan konsep dasar dari tulisan ini. Webqual adalah salah satu metode pengukuran kualitas situs web berdasarkan presepsi pengguna. Menurut analisis data yang kami miliki angka koefisien korelasi, R Square, adalah 0,998. Ini menunjukkan bahwa Webqual tiga dimensi memberikan kontribusi sebesar 99,8% untuk tingkat kualitas website dan sisanya sebesar 0,02% disumbang oleh faktor lain.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website DPRD Kabupaten Lombok Tengah.

Metode: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitative WebQual 4.0. Penelitian ini dirancang dengan langkah-langkah sebagai berikut: Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi tujuan pembuatan website dengan menelaah layanan yang diberikan oleh website DPRD Kabupaten Lombok Tengah.

Hasil: Dari persamaan regresi menunjukkan bahwa variabel bebas dari dimensi usability bersifat memberi pengaruh signifikan terhadap kualitas website dengan koefisien 0,736, dimensi kualitas informasi sebesar 0,896 dan dimensi kualitas interaksi sebesar 1.077. Menurut hasil kuesioner, kami ingin memberikan rekomendasi seperti mengubah tampilan website menjadi lebih menarik, menambahkan lebih akurat, informasi yang jelas, detail, dan up date sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi lebih cepat dari DPRD Kabupaten Lombok Tengah.

Kesimpulan: Persamaan regresi menunjukkan bahwa variabel bebas yang dianalisis adalah pertanyaan dari tiga dimensi WebQual (kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi) yang berpengaruh positif terhadap kualitas dari situs web dalam penelitian ini.

References

Data, B., & Dan, P. (2006). Basis data peraturan dan perundang-undangan. The Program, 1–14.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah.

Ilham, S. (2021). E-Governance. Deepublish.

Irmayanti, A., Hidayat, R., & Rahmawati, E. (2021). Analisis kualitas website kabupaten lamandau menggunakan webqual 4.0. Ikraith-Informatika, 5(1), 1–6.

Katharina, R. (2021). Pelayanan publik & pemerintahan digital Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kurniasih, Y., & Wismaningtyas, T. A. (2020). Smart City Kota Magelang: Perubahan Manajemen Pemerintahan Daerah dalam Penerapan Electronic Governance. JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 8(2), 356–367.

Mastarida, F. (2022). Adopsi Inovasi Kehijauan Dalam Mencapai Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(3), 76–81.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Mursid, R. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS).

Oktavya, A. A. (2015). Penerapan (Electronic Government) E-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1433–1447.

Priyatna, C. C., Syuderajat, F., & Koswara, A. (2020). Evaluasi tenaga humas pemerintah oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. PRofesi Humas, 5(1), 58–81.

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279–284.

Utama, K. (2020). Survei Pelayanan Publik Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020.

Wismayanti, K. W. D., & Purnamaningsih, P. E. (2022). Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Masa Era New Normal Pada Pemerintah Daerah Badung. Media Bina Ilmiah, 16(10), 7507–7518.

Yudhiantara, I., Hakim, A., Muluk, M. R. K., & Noor, I. (2019). Transformasi E-Government Menuju E-Governance Dalam Proses Pelayanan Publik Pada Media Centre Pemerintahan Kota Surabaya. Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Akbar, A. M. (2023). Evaluasi Kualitas Website Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Tengah dengan Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(7), 660–669. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.919