Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Ketuntasan Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Note-Taking Pairs Berbantuan Log Book di SMAN 1 Juntinyuat

Authors

  • Weni Ermining Astuti Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Juntinyuat

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.922

Keywords:

PTK; note-taking pairs; log book; hasil belajar; keaktifan

Abstract

Latar Belakang: Keragaman gaya belajar, tingkat kecerdasan dan daya serap peserta didik kelas XI-1 MIPA mata pelajaran biologi SMAN 1 Juntinyuat, membawa konsekuensi ketuntasan belajar cenderung timpang. Peserta didik berkemampuan akademik rendah cenderung kurang aktif, mencontek pekerjaan teman, malas bertanya, kurang bersemangat.

Tujuan: untuk mengetahui bagaimana penerapan model Note-Taking Pairs berbantuan Log Book dalam meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar biologi peserta didik kelas XI-1 MIPA di SMAN 1 Juntinyuat.

Metode: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti sintaks Kemmis dan Taggart, meliputi tahap: 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (acting), 3) pengamatan (observing), dan 4) refleksi (reflecting). Inovasi model pembelajaran Note-Taking Pairs dengan bantuan Log Book menjadi: mengidentifikasi kemampuan akademik, membuat pasangan tim, memberikan permasalahan yang berkaitan, dan menugaskan tim untuk memecahkan masalah dan menuangkannya dalam Log Book.

Hasil: terjadi peningkatan skor keaktifan dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu pada indikator terlibat aktif dalam menyusun catatan pembelajaran sebesar 9,1, dari 84,8% menjadi 93,9%; indikator terlibat aktif dalam menyelesaikan masalah sebesar 8,1 poin, dari 81,8% menjadi 89,9%; dan menyelesaikan tugas kelompok tepat waktu sebesar 6,1 poin dari 91,9% menjadi 85,8%. Nilai rata-rata hasil belajar sebelum tindakan 69,09, setelah tindakan naik menjadi 79,55, dan naik kembali saat UTS menjadi 85,98. Persentase ketuntasan hasil pembelajaran naik dari sebelum tindakan 45,45%, menjadi 69,70%, semakin meningkat pada tes UTS menjadi 100%. Persentase ketidaktuntasan mengalami penurunan dari 54,55%, sebelum tindakan sebesar turun menjadi 30,30% setelah tindakan siklus 1 dan 2, semakin menurun pada tes UTS menjadi 0%.

Kesimpulan: Penerapan model Note-Taking Pairs berbantuan Log Book dalam pembelajaran biologi mampu meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar biologi peserta didik.

References

Abdika, Z. (2021). Upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ipa kelas x tata busana melalui penerapan model note-taking pairs berbantuan log book di smk negeri 2 aceh barat daya. Jurnal Serambi Akademica, 9(10), 1924–1938.

Adilah, D. N., & Budiharti, R. (2015). Model Learning Cycle 7E Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(4).

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Barkley, E. E., Cross, K. P., & Major, C. H. (2012). Collaborative learning techniques: Teknik-teknik pembelajaran kolaboratif. Penerjemah: Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Farah, B., & Nasution, R. D. (2020). Analisis Perubahan Orientasi Pola Hidup Mahasiswa Pasca Berakhirnya Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 23. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.968

Ghufron, M. N. (2014). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari regulasi diri dalam belajar. QUALITY, 2(1), 136–149.

Harahap, D. Y., Rahmayani, L., Berutu, P. B., & Tanjung, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X IPA Dharma Wanita Persatuan Pemprovsu Tahun 2022:(Application of the Jigsaw Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Class X IPA Dharma Wanita Pemprovsu Association in 2022). BIODIK, 9(1), 167–173.

Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. Pm Publisher.

Hosnan, M. (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 32.

Roziaty, E., Kusumadani, A. I., & Aryani, I. (2017). Biologi Lingkungan. Muhammadiyah University Press.

Sudijono, A. (2004). Pengantar Pendidikan Statistik. PT. Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian. CV Alfabeta.

Suryani, I. D. (2018). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terintegrasi Imtaq pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Organ pada Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Universitas Islam Riau.

Tanjung, I. F. (2016). Guru dan strategi inkuiri dalam pembelajaran biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(1).

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Astuti, W. E. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Ketuntasan Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Note-Taking Pairs Berbantuan Log Book di SMAN 1 Juntinyuat. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(7), 698–715. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.922