Komunikasi dalam Meningkatkan Loyalitas Tim Kerja
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.965Keywords:
komunikasi, organisasi, loyalitas tim kerjaAbstract
Latar Belakang : Pemeliharaan komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan melalui persamaan dan penyetaraan mutu dan misi bersama dapat menciptakan komunikasi yang kondusif dalam lingkungan kerja sehingga pada akhirnya terjalin hubungan baik antara pimpinan dan bawahan.
Tujuan : Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Komunikasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Tim Kerja
Metode : Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif. Data kualitatif adalah informasi yang bersifat deskriptif seperti kata-kata, kalimat.
Hasil : Demi tercapainya produktivitas kinerja tim yang baik maka dengan menggunakan pola ini harus lebih efektif dalam mengerjakan sesuatu sehingga produktivitas kinerja tim akan semakin meningkat. Penyebaran pesan secara berurutan ini dapat dilakukan sesuai dengan langkahlangkah pekerjaan yang akan disampaikan. Selain itu, penyampaian pesannya dapat dilihat sesuai apa yang akan diinformasikan. Akan tetapi cara yang paling sering digunakan yaitu penyebaran pesan secara serentak karena dengan cara ini dapat dilakukan secara efektif. Hal ini menjelaskan bahwa penyebaran informasi berkembang dari kontak antarpersona yang teratur dan cara-cara rutin pengiriman dan penerimaan pesan.
Kesimpulan: Kesimpulan untuk meningkatkan semangat tim kerja yaitu komunikasi yang terjalin dengan baik adalah proses penyebaran pesan secara berurutan. Penggunaan penyebaran pesan ini disesuaikan dengan isi informasi yang akan disampaikan.
References
Aldizza, D. B., & Santosa, H. P. (2021). Iklim Komunikasi Organisasi PSIS Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Interaksi Online, 10(1), 37–53.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administasi Kemennterian Agama RI. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(3), 267–285.
Brahmasari, I. A., & Siregar, P. (2009). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Situasional dan Pola Komunikasi terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT. Central Proteinaprima Tbk. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(1), 238–250.
Caropeboka, R. M. (2017). Konsep dan aplikasi ilmu komunikasi. Penerbit Andi.
Fahmawati, L., Cheerli, C., & Imarshan, I. (2021). Fungsi Komunikasi Organisasi Internal Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Organisasi Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 414–423.
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hastuti, P., Harefa, D. N., & Napitupulu, J. I. M. (2020). Tinjauan kebijakan pemberlakuan lockdown, phk, psbb sebagai antisipasi penyebaran covid-19 terhadap stabilitas sistem moneter. Prosiding WEBINAR Fakultas Ekonomi Unimed “Strategi Dunia Usaha Menyikapi Status Indonesia Sebagai Negara Maju: Pra Dan Pasca Covid-19,” 57–70.
Iswari, F. (2021). Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 1(1), 35–43.
Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas komunikasi dalam organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 11–20.
Pace, R. W., & Faules, D. F. (2005). Komunikasi Organisasi (Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan). Editor Deddy Mulyana. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Puspitasari, D., & Danaya, B. P. (2022). Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257–268.
Sari, A. A. (2017). Komunikasi antarpribadi. Deepublish.
Setyanto, A. E. (2013). Sumbangan Pemikiran Harold Lasswell terhadap Pengembangan Ilmu Komunikasi. Komunikasi, 221.
Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Melani Nur Cahya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.