Peran Pendidikan dalam Terciptanya Lapangan Kerja Melalui Pembentukan Pengalaman yang Positif Bagi Calon Entrepreneur
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i9.11546Keywords:
pendidikan, praktik, kemandirian, keputusan berwirausahaAbstract
Latar Belakang: Keputusan untuk berwirausaha bagi sebagian orang adalah hal yang mudah, sedangkan bagi sebagian lain harus ada pemacunya, salah satu pemacu atau pendorongnya adalah Pendidikan. Fenomena yang terjadi, banyak yang masih bingung darimana memulai kegiatan wirausaha tersebut. Pendidikan dengan berbagai metodenya, berusaha mengatasi permasalahan itu. Salah satu metode yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mendorong terciptanya kewirausahaan adalah metode praktik. Metode praktik mengarahkan peserta didik untuk memiliki keterampilan dengan menerapkan teori yang telah didapatkan
Tujuan : Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan dalam menciptakan lapangan kerja melalui sebuah metode pembelajaran praktiknya.
Metode : Penelitian ini menggunakan literature review
Hasil: hasil bahwa sesunggunya pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan wirausaha-wirausaha baru. Pendidikan mendukung terciptanya keputusan untuk berwirausaha, hal itu terjadi karena saat seseorang memutuskan menjadi seorang wirausaha, salah satu syarat yang harus dimiliki adalah kemandirian, kemandirian bisa dilatih dari metode pembelajaran yang diterapkan, yaitu praktik.
Kesimpulan : Dengan Praktik akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan, pengalaman-pengalaman yang akan membuat seseorang menjadi mandiri disertai juga dengan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan akan menambah semakin mandiri.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitriana Fitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.