Peran Pendidikan dalam Terciptanya Lapangan Kerja Melalui Pembentukan Pengalaman yang Positif Bagi Calon Entrepreneur

Authors

  • Fitriana Fitriana Universitas Negeri Malang, Malang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i9.11546

Keywords:

pendidikan, praktik, kemandirian, keputusan berwirausaha

Abstract

Latar Belakang: Keputusan untuk berwirausaha bagi sebagian orang adalah hal yang mudah, sedangkan bagi sebagian lain harus ada pemacunya, salah satu pemacu atau pendorongnya adalah Pendidikan.  Fenomena yang terjadi, banyak yang masih bingung darimana memulai kegiatan wirausaha tersebut. Pendidikan dengan berbagai metodenya, berusaha mengatasi permasalahan itu. Salah satu metode yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mendorong terciptanya kewirausahaan adalah metode praktik. Metode praktik mengarahkan peserta didik untuk memiliki keterampilan dengan menerapkan teori yang telah didapatkan

Tujuan : Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan dalam menciptakan lapangan kerja melalui  sebuah metode pembelajaran praktiknya.

Metode : Penelitian ini menggunakan literature review

Hasil: hasil bahwa sesunggunya pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan wirausaha-wirausaha baru. Pendidikan mendukung terciptanya keputusan untuk berwirausaha, hal itu terjadi karena saat seseorang memutuskan menjadi seorang wirausaha, salah satu syarat yang harus dimiliki adalah kemandirian, kemandirian bisa dilatih dari metode pembelajaran yang diterapkan, yaitu praktik.

Kesimpulan : Dengan Praktik akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan, pengalaman-pengalaman yang akan membuat seseorang menjadi mandiri disertai juga dengan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan akan menambah semakin mandiri.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Fitriana, F. (2024). Peran Pendidikan dalam Terciptanya Lapangan Kerja Melalui Pembentukan Pengalaman yang Positif Bagi Calon Entrepreneur. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(9), 862–869. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i9.11546