Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Daya Berpikir Kreatif yang Ditimbulkan oleh Kemandirian Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i6.32343Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, daya berpikir kreatif, kemandirian belajar, kajian pustakaAbstract
Pendidikan yang diupayakan banyak pihak, baik pemerintah, lembaga penyelenggara pendidikan, orang tua bertujuan agar peserta didik bisa menjadi manusia yang berguna bagi bangsa, negara dan agama, namun pada kenyataannya tujuan tersebut belum bisa terlaksana 100%, banyak hal yang mempengaruhinya, jika dilihat dari sisi kita sebagai manusia yang hanya bisa berusaha, kita menduga bahwa salah satu faktor penghambatnya adalah masalah kreativitas. Dengan kreativitas yang masih rendah, maka peserta didik akan merasa kesulitan dalam menghadapi masalah, misalnya bingung tentang kegiatan apa yang akan dilakukan setelah lulus, sehingga bermunculan pengangguran, maka dalam dunia pendidikan, diupayakan metode-metode yang cocok bagi peserta didik dan dunia nyata, antara lain pembelajaran berbasis proyek. Dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek diharapkan kemandirian belajar peserta didik muncul, yang mana dengan kemandirian belajar tersebut akan menumbuhkan kreativitas atau daya birpikir kreatif peserta didik, karena dengan daya berpikir kreatif yang bagus maka akan muncul banyak ide untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran berbasis proyek dalam menumbuhkan daya berpikir kreative peserta didik. Penelitian ini menggunakan literature review Pembelajaran berbasis proyek memiliki peran dalam meningkatkan kreatifitas atau daya berpikir kreatif peserta didik. Dengan pembelajaran berbasis proyek kemandirian belajar peserta didik akan muncul, dan dengan kemandirian belajar tersebut kreativitas atau daya birpikir kreatif peserta didik juga muncul.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitriana Fitriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.